SAMBUT HARI IBU, dr. FRITS RUMINTJAP KEMBALI ADAKAN BAKSOS KESEHATAN KB KONTRASEPSI

 

KEMANG – Pengendalian terhadap jumlah penduduk yang terus meningkat tentu memerlukan perhatian semua pihak. Pasalnya, tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi atau populasi penduduk yang tidak terkendali akan menyebabkan menurunnya kualitas kehidupan manusia itu sendiri.

Sebagai seorang praktisi medis dan merupakan seorang dokter spesialis kandungan, dr.Friedrich M. Rumintjap kembali mengadakan giat bakti sosial (baksos) kesehatan reproduksi dengan metode kontrasepsi mantap pria dan wanita (MOP dan MOW). Menurut dokter yang akrab disapa dr.Frits ini, kegiatan baksos ini adalah bentuk dedikasi sekaligus memberikan sumbangsih keahlian dan prestasinya untuk masyarakat Kabupaten Bogor khususnya.

“Merujuk permintaan dari DP3AP2KB tentang banyaknya peserta KB yang ingin mendapat pelayanan MOW dan MOP, maka saya bersama manajemen dan tim paramedis di RS Sentosa kembali mengadakan kegiatan baksos kesehatan KB kontrasepsi gratis guna membantu masyarakat dan Pemkab Bogor,” ujar dr.Frits, pemilik RS Sentosa.

Menurut pria yang juga akan maju sebagai calon legislatif DPR RI dari dapil Kabupaten Bogor ini, baksos kesehatan KB kontrasepsi gartis adalah sumbangsih mensukseskan program pemerintah. Menurutnya kegiatan ini sudah dilakukan dirinya bersama tim paramedis RS Sentosa secara rutin. Dia mengungkapkan, sudah ribuan warga baik pria dan wanita yang menjadi akseptor KB berkat adanya kegiatan tersebut.

“Sebagai contoh saja, pada tahun 2016 ada 805 orang akseptor, tahun 2017 ada 415 orang akseptor dan pada tahun 2018 ada 356 orang akseptor. Jadi tiga tahun terakhir saja ada total 1.576 orang akseptor KB yang kita bantu proses MOP dan MOW nya,” papar dr.Frits.

Menurutnya, penggunaan Medis Operatif Wanita (MOW) dan Medis Operatif Pria (MOP) dalam program KB memiliki banyak keuntungan diantaranya sederhana, cepat, murah, sangat praktis, modern serta tidak mengganggu dan mempengaruhi kehidupan pasutri.

“MOW dikerjakan dengan alat modern Laparoskop dan MOP dengan teknik tanpa pisau. Jadi sangat praktis dan modern.” Pungkas purnawirawan TNI berpangkat Kolonel yang berpengalaman di dunia kesehatan ini.

Konsistensi dan dedikasi dari dr. Frits M. Rumintjap selama beberapa tahun di bidang kesehatan ini, mendapatkan atensi dan apresiasi dari seorang tokoh politik nasional Dalam Mustopa. Di sela kesibukannya, pria yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPW Partai Nasdem ini pun turun langsung menyaksikan kegiatan baksos kesehatan KB kontrasepsi di RS Sentosa.

“Tentunya saya sangat mengapresiasi kegiatan para ahli yang bermanfaat bagi masyarakat. Apalagi dr.Frits sudah rutin melakukannya. Tentu saya sangat mendukung dan siap membantunya,” paparnya.

Dalam kegiatan ini Saan Mustopa juga nampak melakukan diskusi langsung dengan para penerima manfaat baksos kesehatan tersebut. “Mayoritas akseptor anaknya banyak. Dan mereka merasa terbantu dengan adanya program baksos kesehatan yang dilakukan Dr.Frits dan tim paramedis RS Sentosa.” ujarnya.

Tampak mendampingi Daan Mustopa adalah Albert Pribadi Ketua DPD Nasdem Kab.Bogor, Direktur RS Sentosa dr.Nia Margaretha dan Direktur Utama PT. Pelita Medika Sentosa, dr.Agnes Anastasia, SH, MHKes. (MUL)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *