Ditjen Gakkum LHK Ajak Stakeholder Kolaborasi Cegah Kerusakan Lingkungan

 

BOGOR – Direktorat pencegahan dan pengamanan hutan Ditjen Gakkum LHK terus melakukan upaya massif dalam melakukan upaya penegakan hukum dan kampanye secara persuasif mengajak masyarakat untuk terus ikut melakukan kepedulian terhadap lingkungan terutama sumber daya hutan di sepanjang daerah aliran sungai.

Melalui pesan kampanye dan aksi bersama komunitas 2 pegiat lingkungan di Taman Heulang Kota Bogor, Dirjen Gakkum LHK, Ir. Dadang suganda menekankan perlunya upaya kolaborasi secara berkesinambungan antara stakeholder dan masyarakat serta pemerintah baik pusat dan daerah untuk terus melakukan upaya perbaikan lingkungan dan penegakan hukum lingkungan.
“Masyarakat pun agar tidak perlu khawatir dalam melakukan pengaduan masalah kerusakan lingkungan atau kegiatan ilegal yang menyebabkan kerusakan lingkungan,” katanya

Dirjen Gakkum melalui kegiatan ini juga memberikan pesan agar masyarakat ikut berperan aktif sebagai kontrol garda terdepan terhadap kerusakan lingkungan di wilayahnya. “Partisipasi masyarakat dalam mencegah kerusakan lingkungan sangat diperlukan,” imbuhnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas LH Kota Bogor, Elia Buntang. Ia menekankan perlunya merubah paradigma atas penanganan sampah konvensional agar menjadi modern bukan lagi mengandalkan sarana prasarana dikatakannya karena ia pun menekankan dengan pemerintah memanjakan masyarakat dengan sarana selama itu pula penyelesaian sampah belum menjadi persoalan dan tanggung jawab individu. “Karena lingkungan harus menjadi tanghung jawab setiap diri dan dapat diselesaikan dari tingkat komunal jika kesadaran itu tumbuh,” katanya.

Hadir pula para aktivis dan pengiat lingkungan dan para pecinta satwa yang ikut terus melakukan aksi membaur dengan masyarakat untuk memiliki kesadaran lingkungan khususnya di kota bogor (*)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *