Jegal Hoax Sara: LSISI Dan Alumni IISIP Bogor Raya, Gelar Diskusi Publik

CIBINONG –

Lembaga Studi Informasi Strategis Indonesia (LSISI) bekerja sama dengan Alumni IISIP Bogor Raya, menggelar dikusi publik dengan tema Profesionalisme Insan Pers. Dalam menangkal hoax dan Sara (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Cafe Sukahati, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (28/2/19).

Ketua Panitia, Irvani Ramdhan menjelaskan, diskusi ini memiliki titik berat pada pentingnya peran media massa dalam mengedukasi masyarakat di tengah tingginya suhu politik belakangan ini. Pasalnya lanjutnya menjelaskan, kabar-kabar bohong alias hoax dan politik identitas telah merajai media sosial pada setiap tahun politik. Disinilah peran media massa menjadi penting, dengan menyampaikan berita sesuai fakta.

“Itu semangat kami Alumni IISIP Bogor Raya bersama LISI. Supaya bagaimana masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh akun-akun troll di media sosial yang isinya kadang menyudutkan salah satu pihak,” ujarnya.

Irvan sapaan akrabnya menambahkan, untuk pembicara yang akan hadir wartawan senior Bogor Irwan Natsir, Pakar Komunikasi Universitas Djuanda Agustina M Purnomo, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor dan Ketua Badan Pengawas Pemilihan UmumĀ (Bawaslu) Kabupaten Bogor. Sehingga masih dirinya menjelaskan, pihaknya juga berharap dengan diskusi ini mampu menciptakan iklim politik yang kondusif dan damai. Khususnya di Kabupaten Bogor.

“Karena memiliki basis pemilih salah satu terbesar di Jawa Barat (Jabar) maupun Se Indonesia,” tambahnya.(rul)