KAPOLSEK RANCABUNGUR SOSIALISASI PENYALURAN BANTUAN PKH DAN BPNT SERTA SISTEM PENGAWASANNYA

RANCABUNGUR – bogorOnline.com

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Rancabungur Iptu Suparno membantu kegiatan sosialisasi penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) di Desa Cimulang Kecamatan Rancabungur.

Kegiatan berlangsung di SMP YAMEBA Kp. Ciheuleut RT 02 RW 02 Desa Cimulang. Kegiatan dihadiri Kasi Kesra Desa Cimulang Asep Hidayat mewakili Kades Cinulang, Korcam Pendamping PKH Kecamatan Rancabungur Abdilah Kodarsyah, Koordinator Pendamping BPNT Kec. Rancabungur Didin Awaludin serta sekitar 80 orang perwakilan warga KPM.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek menjelaskan bahwa berdasarkan MOU antara Kementrian Sosial dengan Polri, jajaran kepolisian diberikan tugas dan tanggung jawab untuk melakukan monitoring penyaluran bansos tersebut bisa maksimal dan tepat sasaran.

“Hal ini dilakukan guna menghindari terjadinya penyimpangan dalam penyaluran Bansos PKH maupun BPNT,” ungkap Iptu Suparno.

Dia juga menghimbau kepada warga sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) agar memanfaatkan bansos yang diterima dengan sebaik – baiknya.

“Bagi yang memilki anak sekolah manfaatkanlah bansos tersebut untuk kepentingan pendidikan. Bagi yang memilki balita silahkan manfaatkan utk peningkatan gizi anak dan sebagainya,” Himbau Kapolsek Rancabungur.

Selain itu, Iptu Sumarno meminta agar warga KPM untuk menjaga dengan baik kartu kesejahteraan sosial (KKS) yang dipegang jangan sampai hilang ataupun berpindah tangan.

“Dan jika dirasa ada penyimpangan terkait penyaluran Bansos PKH maupun BPNT agar warga tidak segan – segan utk memberikan informasi kepada Kepolisian.” Pungkasnya.

Dari kegiatan sosialisasi dan evaluasi penyaluran bansos PKH dan BPNT tersebut diketahui, penyaluran BPNT terakhir Desa Cinulang telah didistribusikan pada bulan Desember 2018 untuk 324 KPM, namun ada kendala sebanyak 31 KPM karena saldo josong dan kartu ATM belum diterima KPM. Sementara untuk penyaluran Bansos PKH terakhir di Desa Cimulang didistribusikan pada bulan Januari 2019 (Tahap 1) kepada 297 KPM. (Mul)