PDIP Kota Bogor Gelar TOT, Siapkan 6418 Saksi Untuk Amankan Suara Pemilu 2019

bogorOnline.com

Menuju Pemilu 2019, yang sudah ditentukan pada tanggal 17 April 2019 mendatang, DPC PDI Perjuangan Kota Bogor mengadakan Training Of Trainer (TOT) saksi untuk koordinator kecamatan dan kelurahan Kota Bogor di aula Mila Kencana, komplek GOR Pajajaran, Kota Bogor, Selasa (12/3/19).

Kegiatan TOT atau pelatihan yang mengusung tema “Menempa Saksi Militan untuk Mengawal & Mengamankan Suara Pemilu 2019” tersebut dibuka langsung oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Tb. Hasanuddin.

Kepada awak media, Tb. Hasanuddin mengatakan, PDI Perjuangan diperkirakan membutuhkan 274.000 saksi untuk Pemilu 2019 di Jawa Barat. Sedangkan di Kota Bogor dengan jumlah 3.209 Tempat Pemungutan Suara (TPS) harus disiapkan 6.418 saksi.

“Untuk di Jawa Barat ada 137.000 TPS, sehingga kami membutuhkan paling tidak satu TPS 2 orang, jadi jumlahnya 274.000 saksi. Sedangkan di Kota Bogor dengan 3.209 TPS dikali 2 orang, jadi ada 6.418 saksi yang harus kami latih,” kata Hasanuddin.

Saat ini, lanjut Hasanudin, dalam TOT saksi untuk kordinator kecamatan dan kelurahan Kota Bogor yang hadir ada 350 orang. Mereka nanti akan melakukan TOT pada gelombang berikutnya di wilayah masing-masing.

“Arahan saya, jadilah pelatih yang mengacu kepada ketentuan-ketentuan peraturan KPU dan para saksi melaksanakan tugasnya sebagai saksi dengan baik dan benar,” tegas Hasanudin.

Dijelaskan olehnya, bahwa pihaknya menargetkan untuk di Jawa Barat pada Pileg dapat memperoleh 27 persen suara, sedangkan Pilpres 60 persen suara. “Dari hasil survei kami sudah unggul, tapi baru 23 persen (Pileg) dari target 27 persen. Target Pilpres 60 persen dan baru berbeda sekitar 6 persen lebih,” katanya.

Meski unggul secara survei, pihaknnya akan terus menggenjot perolehan suara di Jawa Barat untuk memenangkan Pemilu 2019. “Sampai hari ini pada gelombang pertama kami telah siapkan sekitar 967.000 APK. Jadi sudah hampir 1 juta door to door ke rumah. Dan akan dilakukan lagi pada gelombang kedua di mulai 15 April sampai waktu minggu tenang,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bogor, Dadang Danubrata menambahkan, bahwa TOT hari ini untuk koordinator kecamatan dan kelurahan Kota Bogor dengan perwakilan 2 orang setiap wilayahnya.

“Mereka ini yang nantinya menjadi koordinator tiap TPS membawahi 10 orang dilatih oleh Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) Jawa Barat dan Kota Bogor. Dan ini akan terus digulirkan untuk pelatihan saksi di tiap dapil yang ditanggung oleh caleg,” kata Dadang. (Nai/*)