Begini cara Menikmati Pemandangan dari Ketinggian 1803 Mdpl

Cisarua – bogorOnline.com

Wisata alam di wilayah Bogor memang tidak pernah ada habisnya, terutama pegunungan. Berlokasi di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Gunung Kencana menjanjikan keindahan pemandangan yang jarang bisa didapatkan di gunung lainnya.

Dikenal sebagai gunung yang ramah untuk pendaki pemula, untuk mencapai Gunung Kencana, para pendaki bisa menggunakan kendaraan untuk menuju pos pendakian. Berjarak kurang lebih 10 Km dari pintu masuk Wisata Telaga Warna, anda akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan kebun teh dengan jalan yang terbuat dari bebatuan yang tentu saja tidak bersahabat dengan motor biasa dan tentu saja dengan membayar uang masuk sebesar 10 ribu rupiah.

Sesudah melewati jalanan yang bisa membuat perut anda terkocok, anda akan langsung sampai di basecamp Gunung Kencana dan bisa menitipkan kendaraan anda disana dengan membayar 15 ribu rupiah. Setelah berjalan beberapa meter dari basecamp, anda akan langsung dihadapkan dengan “Tanjakan Sambalado”, yaitu jalur pendakian satu-satunya di Gunung Hutam Hujan Tropis ini. Tentu saja anda harus merogoh kantong anda lagi untuk membayar administrasi sebesar 25 ribu rupiah untuk tiket masuk dan asuransi.

Lokasi yang dikuasai oleh Perhutani ini, memiliki jalur pendakian berupa tangga yang terbuat dari potongan kayu yang licin karena dilapisi oleh tanah yang berasal dari alas kaki pendaki. Memakan waktu sekitar satu sampai satu setengah jam, anda akan langsung sampai ke camping ground Gunung Kencana yang langsung menunjukkan keindahan pemandangan dari ketinggian 1803 Mdpl.

Lokasi yang menjadi primadona pelancong dari Bogor dan sekitarnya untuk mengabadikan moment pemandangan menakjubkan tiga gunung ternama di Bogor, Gunung Kencana menyimpan sisi buruknya sendiri yaitu “Sampah”. Banyaknya sampah plastik yang berserakan di lokasi camping ground, membuat pendaki yang baru pertama kali menjajal Gunung Kencana merasa tidak nyaman, karena disetiap sudut selalu ada sampah.

“Seharusnya di Gunung Kencana ini dilakukan OPSI (Operasi Bebersih) agar pemandangan yang indah ditunjang dengan lokasi yang bersih,” ujar Dede (34) pendaki yang baru pertama kali melakukan pendakian di Gunung Kencana.

Peran pemerintah daerah juga sangat penting dalam perkembangan wisata alam yang ada di Gunung Kencana, salah satunya dengan perbaikan jalan, karena sejak diresmikan tahun 2015 lalu, pengunjung yang datang untuk menginap di Gunung Kencana semakin banyak.

“Selain berguna bagi para pelancong, jalan yang bagus juga bermanfaat bagi akses warga disini. InShaa Allah, tanggal 27 April 2019 mendatang, saya akan kembali kesini, untuk mengikuti kegiatan Bogor Summit Attack yang diselenggarakan oleh PWI Kota Bogor, dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional,” pungkasnya.(Nai/*)