Kejuraan Karate Walikota Cup Jadi Agenda Rutin Tahunan

bogorOnline.com

Pembina pelaksanaan kejuaraan karate,  Reza Rasianto memastikan bahwa event kejuaraan wali kota cup akan dijadikan agenda rutin tahunan.  Itu dilakukan untuk memfasilitasi karateka yang kini bergabung di dojo-dojo yang ada di Kota Bogor.

“Saya sangat berterima kasih banyak atas kepercayaan Wali Kota Bima Arya Sugiarto, yang telah mempercayakan kami menjadi panitia besar dalam kejuaraan karate yang bertajuk Wali Kota Cup 2019 kali ini,” ujar Reza Rasianto, di sela-sela penyerahan Sabuk Kehormatan Dan V kepada Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, di Kantor Balai Kota, Rabu (24/4/19).

Reza menjelaskan, bahwa kejuaraan karate Wali Kota Cup ini, sebenarnya sudah lama sekali vakum. Bahkan sambung Reza, ada sekitar 22 tahunan lebih event ini tidak pernah digelar, sehingga untuk menghidupkan event ini, maka tim pelaksana kejuaraan, bekerja sama dengan Pengurus Cabang Federasi Olahraga Karate DO Indonesia (FORKI) Kota Bogor, kembali menggaungkan lagi Kejuaraan Karate Wali Kota Cup.

“Target kami tidak sampai di event-event pertandingan saja. Akan tetapi, kami juga bekerja sama dengan Pengcab FORKI, menggelar pelatihan, serta coaching clinic terhadap sensey yang ada di Kota Bogor,” tegasnya.

Yang pasti, tambah Reza, tujuan dari event ini bukan hanya sekedar prestasi saja. Tapi juga tujuannya untuk membangun karakter-karakter
putra-putri Kota Bogor ini untuk cinta akan olahraga.

Maka dari itu event ini akan jadi kalender rutin tahunan, apalagi antusias pesertanya juga sangat luar biasa, sehingga tahun berikutnya Kajuaraan
Karate Wali Kota Cup siap digelar kembali.

Pada event ini, Klub Karate GOR Pajajaran keluar sebagai juara umum dengan raihan 15 medali emas, 10 perak, dan 13 medali perunggu. Sementara juara umum kedua ditempati ASKI DKI Jakarta dengan perolehan 8 medali emas, 2 perak, dan 3 medali perunggu, dan juara umu ketiga diraih BKC Kota Bogor, dengan koleksi 6 medali emas, 7 perak, dan 20 medali perunggu.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, berharap kepada pendiri-pendiri dojo, maupun klub karate di Kota Bogor, bisa lebih fokus dalam melakukan pembinan terhadap karateka-karatekanya. Baik itu dalam pembinaan ilmu beladiri karate, maupun juga di dalam pembinaan karakter yang kokoh kepada pada para karateka-karateka tersebut.

“Saya sangat senang, panitia pelaksana kejuaraan, sudah berhasil menghidupkan kembali kejuaraan karate Piala Wali Kota Cup, yang sudah lama sekali tidak diadakan, dan saya juga berharap kedepan bukan hanya kejuaraannya saja yang rutin, tapi pembinaannya juga harus bisa lebih sistematis ke tingkat pelajar, baik itu SD, SMP, maupun SMA. Karena,
ini juga adalah cara untuk mengurangi tawuran di kalangan pelajar,” ucap Bima Arya.

Terpisah Bidang Prestasi Pengcab FORKI Kota Bogor, Yuliah Nur Afriyanti, mengucapkan banyak terima kasih kepada panitia pelaksana atas terselenggaranya turnamen karate Piala Wali Kota Cup 2019 ini.

“Kita berharap, kedepan event Wali Kota Cup tersebut, bisa berlanjut. Terlebih lagi, lebih kepada pembinaan bagi calon-calon karateka muda
di Kota Bogor,” Kata Yuliah.(*)