Walaupun Saat Jam Operasional Berlaku dan Dijaga Petugas, Truk Tambang Tetap Lolos Melintas

PARUNGPANJANG – bogorOnline.com

Meski sudah dijaga oleh petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, masih saja ada truk tronton armada angkutan tambang yang nekat melintas dan melanggar aturan ujicoba jam oprasional tahap ke enam yang diberlakukan di Jl. Raya Parungpanjang-Bunar Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor, Selasa (2/3/19).

Melihat itu, petugas Dishub Kabupaten Bogor memberhentikan truk tambang yang sedang mengangkut material tambang tersebut dan memerintahkan sopir truk untuk memutar balik arah. Namun di tempat berbeda, meski petugas sudah memberhentikan kendaraan truk tambang kosong yang datang dari arah Kabupaten Tangerang menuju ke wilayah Bogor, namun sopir truk tronton tersebut masih tetap mamacu kendaraannya ke arah Parungpanjang-Bunar.

“Personil kami yang di jembatan Cimanceri, perbatasan Kabupaten Tangerang dengan Kabupaten Bogor sudah menghimbau agar menghentikan kendaraannya pada saat jam oprasional berlangsung,” kata Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, Bisma Wisuda ketika di hubungi bogoronline.com, melalui pesan WhatsApp.

Bisma mengatakan, bahwa badan pengelolaan transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan RI, kembali memperpanjang masa ujicoba angkutan barang tambang di wilayah Kabupaten Bogor. Dia mengatakan, petugas Dishub Kab. Bogor akan menertibkan kendaraan yang melintas sebelum jam oprasional.

“Nanti petugas kami akan mengawasi dan memberhentikan truk tambang yang nekat melintas serta¬† meminta mereka untuk memutar balik arah,” ungkapnya.

Dijelaskan Bisma, dalam surat edaran BPTJ, tertuang tentang pelaksanaan ujicoba masa evaluasi pengaturan oprasional kendaraan angkutan barang tambang diperpanjang, dengan tahap ke enam.

“Jadi pelaksaan uji coba masa evaluasi pengaturan oprasional kendaraan angkutan barang tambang di wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Tangerang telah diperpanjang kembali,” Pungkasnya.

Data yang didapat bogoronline.com, BPTJ memperpanjang masa evaluasi tahap Vl tentang pengaturan operasional kendaraan angkutan tambang di wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Tangerang dengan beberapa ketentuan yaitu, pelaksanaan uji coba masa evaluasi tahap Vl di laksanakan mulai 2 April 2019 sampai dengan 8 April 2019. Pemberlakuan jam oprasional untuk truk yang bermuatan dan tidak bermuatan, untuk di Kabupaten Tangerang, mulai pukul 22.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB dan di Kabupaten Bogor dari pukul 20.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB. Truk yang bermuatan dan tidak bermuatan di larang melintas pada kedua wilayah, sebelum jam operasional berlangsung dan wajib berhenti pada tempat yang telah diatur oleh Dinas Perhubungan setempat.

Dinas Perhubungan melakukan monitoring dan penjagaan di lokasi-lokasi yang telah ditentukan yaitu, di wikayah Kabupaten Tangerang ada di Simpang Tiga Suradita, Simpang LG, Simpang Tugu Legok, Exit tol Balaraja Timur, Exit tol Krawaci dan Exit tol Bitung. Sementara untuk di wilayah Kabupaten Bogor, lokasi pengawasan ada di Simpang Asem Cicangkal, Simpang Tiga Asem dan Simpang Hulu Warang. Lalu ada pula titik lokasi pengawasan di perbatasan Kabupaten Tangerang dengan Kabupaten Bogor tepatnya di Jembatan Cimanceri, lalu perbatasan Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang yaitu di Dadap
dan di perbatasan Kabupaten Bogor dan Kota Tangerang Selatan tepatnya di Puspitek. (MUL)