Gerindra Raih Dua Kursi DPR RI Dapil Kabupaten Bogor

 

CIBINONG – KPU Kabupaten Bogor telah menyelesaikan rekapitulasi suara di 40 Kecamatan, Selasa 7 Mei 2019. Hasil yang diperoleh bogoronline.com, setidaknya hanya 8 partai yang mampu meloloskna Calegnya untuk melenggang ke Senayan untuk menempati posisi anggota DPR RI.

Partai Gerindra menjadi partai pemenang di Bumi Tegar Beriman. Partai besutan Prabowo Subianto tersebut meraih 624.731 atau 23,86 persen, di posisi kedua partai Golkar dengan 326.505 suara atau 12,47 persen dan PKS menempati posisi ke tiga dengan raihan 325.515 suara atau 12,43 persen. Adapun diuruttan berikutnya PDI Perjuangan dengan 10,91 persen suara, PAN 7,54 suara, PPP 7,39 dan persen suara, dan Demokrat menempati posisi ke delapan dengan 6,61 persen suara.

“DB1 itu hari ini juga akan kita bawa ke provinsi. Kita belum tau jadwal dibacakannya kabupaten bogor,Karena sesuai kedatangan kotak, artinya kalau kabupaten bogor hari ini datang, kita tidak tahu urutan ke berapa,” ujar Ketua KPU Kabupaten, Umi Wahyuni.

Umi mengatakan, proses perhitungan suara di Kabupaten Bogor cukup menyita waktu karena jumlah pemilih yang sangat besar. Beberapa kali, KPU harus menskor sidang untuk mensinkronkan data yang dihitung dari tingkat Kecamatan. “Faktor kesulitannya, seperti lima kecamatan terakhir kita jumlah TPSnya luar biasa. Cibinong ini membutuhkan 19 hari,” katanya

KPU Kabupaten Bogor tidak mengumumkan siapa yang berhak meraih kursi DPR RI berdasarkan real count yang sudah diselesaikan oleh mereka. Menurut Umi, proses tersebut nantinya akan menjadi keputusan KPU di tingkat Pusat. “Kewenangan kami merekap hasil pernghitungan suara di tingkat Kabupaten,” katanya

Meski belum diumumkan oleh KPU, berdasarkan raihan suara partai yang sudah disahkan oleh KPU Kabupaten Bogor, hanya ada 8 parpol yang berhasil meloloskan calegnya ke Senayan, Partai Gerindra menempatkan dua calegnya untuk duduk di DPR RI, dan berdasarkan perolehan suara Partai, Fadli Zon dan Mulyadi yang berhak mendapatkan kursi tersebut. Sedangkan 7 Partai lainnya, yaitu Golkar, PKS, PDI Perjuangan, PAN, PPP, Demokrat, dan PKB.
Berdasarkan urutan suara caleg, Golkar menjadi jatah Ichsan Firdaus yang meraih 64.240 suara, PKS menjadi milik Fahmi Alaydrus yang meraih 67.677 suara, PDI P menjadi jatah Adian Napitupulu yang meraih 80.288 suara, PAN milik Primus Yulistio, Demokrat milik Anton S Suratto dengan 55.634 suara, PPP milik Elly Rachmat Yasin 71.884 suara, dan PKB milik Tomy Kurniawan yang meraih 33.988 suara. (*)