Pemekaran Bogor Barat, Dianggap Solusi Percepatan Pembangunan

 

CIBINONG – Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor, Egi Gunadhi Wibhawa merespon positif keinginan para tokoh, termasuk mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin untuk kembali memperjuangkan pemekaran Kabupaten Bogor, pada 2020. Menurut Egi, pemekaran Kabupaten Bogor menjadi urgen mengingat luas dan jumlah penduduknya yang terlalu besar.

“Pembentukan daerah otonomi baru Kabupaten Bogor Barat menjadi impian warga Bogor Barat. Sudah sangat layak untuk dimekarkan, dan potensi sumber daya alam dan manusianya juga sangat memadai,” ujarnya.

Egi juga yakin, pemekaran Kabupaten Bogor akan menjadi solusi akselerasi pembangunan. Menurut dia, dengan luas dan besarnya jumlah penduduk Kabupaten Bogor saat ini, sulit bagi Pemerintah Kabupaten Bogor untuk membangun daerahnya secara maksimal. Karena itu, menurut dia, Pemekaran daerah menjadi solusi yang paling tepat untuk akselerasi pembangunan.
“Dengan adanya Kabupaten Bogor Barat, maka Kecamatan-Kecamatan yang masuk di dalamnya akan lebih cepat dibangun, seperti Parungpanjang, Rumpin, Tenjo dan Kecamatan lainnya,” katanya.

Menurut Egi, Kecamatan di daerah Barat Kabupaten Bogor masih sangat tertinggal pembangunannya. Kecamatan Rumpin dan Parungpanjang, misalnya masih berkutat dengan persoalan angkutan tambang yang sampai hari ini masih belum menemukan solusi yang paling efektif. Belum lagi masalah pendidikan, infrastruktur dan peningkatan daya beli masyarakat. “Intinya pemekaran Kabupaten Bogor Barat sudah menjadi kebutuhan,” tandasnya (*)