Selidiki Korupsi Program KUR, Kejari Cibinong Periksa 30 Saksi

PARUNGPANJANG – Puluhan masyarakat Parungpanjang diperiksa Tim Penyidik Kejaksaan Negeri Cibinong di Aula kantor Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor. Mereka diperiksa sebagai saksi dugaan tidak pidana korupsi pengajuan dan pencarian Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank BRI Unit Parungpanjang, Senin 24/6/2019.

Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Cibinong Kabupaten Bogor, Rolando Ritonga mengatakan, kasus ini masih dalam tahap penyelidikan. Timnya memerlukan keterangan dari para saksi untuk mengusut kasus tersebut. “Masih penyelidikan,” ujarnya, usai melakukan pemeriksaan kepada para saksi atau nasabah bank BRI unit Parungpanjang.

Namun Rolando enggan mengatakan siapa yang patut dipermasalahkan lantaran masih tahap penyilidikan. “Kalau tahapan penyelidikan itu sifatnya masih rahasia, “ujarnya.

“Jadi hari ini kita hanya melakukan pemeriksaan di lapangan lebih kepada pelayanan dimasyarakat, atas dasar laporan terkait tindak pidana korupsi di wilayah Kecamatan Parungpanjang, penyaluran dana pinjaman KUR dan kredit pedesaan (KUPEDES) di bank BRI Unit Parungpanjang, ” tambahnya.

Lanjut Rolando menambahkan, pemeriksaan kepada para saksi di lapangan itu lantaran mereka (saksi) kalau kita panggil kesana (Kantor Kejaksaan) itu jauh.
“Namun kami berpikir kalau masyarakat kesana itukan jaraknya jauh dengan menempuh perjalanan 3 jam, “tuturnya.

Rolan mengatakan terkait masalah modus operandi dan siapa yang patut dipermasalahkan nanti pada waktunya akan disampaikan. “Ini sudah pada tingkatan penyidikan, namun untuk modus operandi masalah kerugian, siapa yang melakukan tindak pidana kami belum bisa menyampaikan, “kata dia.

Adapun untuk proses penyelidikannya dilakukan sejak tahun 2017, dan yang menjadi pelapor juga dari pihak BRI. “Sementara kita periksa hari ini ada 30 orang, “pungkasnya (Mul)