Perbaikan Kebocoran Pipa PDAM di wilayahTangkil

bogorOnline.com

PDAM Tirta Pakuan mengerjakan perbaikan kebocoran Pipa AC 24″ di Kp. Tangkil Kec. Caringin Kab. Bogor, Selasa (16/7/2019). Hal ini merupakan sebagai tindak lanjut laporan dari staf sumber tangkil bahwa adanya air yang terbuang keluar.

Terdapat tiga metode yang direncanakan PDAM Tirta Pakuan dalam melakukan perbaikan ini. Metode pertama adalah menggunakan Pakal, yaitu dengan menyumpalkan timah ke titik bocor pada pipa yang sudah ada. Cara kedua dan ketiga adalah Repair Claim dan Gibault Joint, namun pada untuk melaksanakan metode – metode ini, perlu mematikan aliran air.

“Saya rencanakan dan diskusikan dari beberapa hari sebelumnya bersama pak Erdi selaku asisten manajer NRW, ada 3 alternatif yang disediakan. Alternatif pertama yaitu supaya tidak menggangu aliran kepada pelanggan. Kedua, mau tidak mau memang kita harus mematikan aliran air. Ketiga kita potong pipa dengan waktu yang cukup lama. Sengaja saya diskusi dengan beliau agar bisa melakukan pekerjaan secepat mungkin tanpa mengganggu aliran air,” Ujar Dani Rahmawan selaku Manajer NRW PDAM Tirta Pakuan.

Adapun setelah proses penghitungan secara cermat pada kebocoran, metode Pakal digunakan untuk perbaikan yang dilaksanakan oleh 16 orang petugas tersebut. Hal ini diupayakan agar tidak mengganggu pengaliran air bagi masyarakat dan mempersingkat waktu perbaikan.

Namun perbaikan ini bukannya tanpa kendala. Karena akses jalan yang sulit dan akan mengganggu arus lalu lintas Petugas PDAM tidak bisa melakukan penggalian di hari sebelumnya.

Perbaikan yang diestimasikan berlangsung tujuh jam dapat selesai lebih cepat dengan metode Pakal, akan tetapi Dani juga menghimbau pelanggan PDAM Tirta Pakuan khususnya wilayah zona I untuk menampung air, karena terdapat periode pemulihan (recovery) jaringan setelah perbaikan usai. (Opik/Humas PDAM)