Pemdes Jagabaya Segel Tower tak Bertuan

PARUNGPANJANG – bogorOnline.com

Mengejutkan, baru-baru ini sikap pemerintah Desa (Pemdes) Jagabaya Kecamatan Parungpanjang, yang telah menyegel tower tak bertuan, di Kp. Pasir Bereum RT 02/04 Desa Jagabaya Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor. Tower tersebut disegel lantaran tidak memiliki izin dan sudah bertahun-bertahun tidak diurus.

Menurut keterangan Dian, sekdes Desa Jagabaya, saat di konformasi melalui aplikasi whatsap terkait penyegelan tower oleh pemerintah Desa Jagabaya, mengatakan, tower besar itu diduga tidak memiliki izin, dan tindakan kami pemdes Jagabaya sudah sesuai prosedur dalam penyegelan, dan kita juga melibatkan aparat gabungan dari unit satpol-PP Kecamatan Parungpanjang, TNI AD Koramil Parungpanjang dan Polisi dari Polsek Parungpanjang.

“Saya, menduga keberadaan tower yang tidak memiliki izin dan setiap tahunnya tidak ada yang mengurus SKDU ke Desa, jadi saya kira dulu itu ada yang memalsukan tandatangan bu Lurah, soalnya Ibu itu tidak merasa menandatangani izin lingkungan tower tersebut,” ungkap Dian, Selasa (17/9/19).

Dian menuturkan, bahkan selama ibu (kades) menjabat kami kurang mengetahui soal tower itu, tower untuk jaringan apa, kita tidak mengetahui secara pasti.

“Selama ini kita belum pernah menerima berkas izin lingkungan atau SKDU selama lima tahun kebelakang dari pengurus tower. Bahkan, sebelumnya, kita sudah menitipkan surat kepada pemilik tanah agar bisa ditembuskan ke pihak pengurus tower, namun hingga saat ini tidak ada respon dari pihak pengurus,” tuturnya.

Dian menambahkan meski tower itu sudah lima tahun, baru kali ini ada warga yang melapor ke Desa. Oleh sebab itu, kita pemerintah Desa baru bertindak karena berdasarkan laporan dari warga tersebut.

“Seperti, mini market juga kemarin disaat pasperesmian, karna adanya laporan dari warga belum melakukan pengerusan izin lingkungan sekitar, kami pemdes Jagabaya bertindak menghentikan,” pungkasnya. (Mul)