Pilkades di Dua Desa Kecamatan Rumpin akan Berlangsung Ekstra Ketat

RUMPIN – bogorOnline.com

Panitia Penyelenggara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Sukamulya dan Desa Rabak Kecamatan Rumpin, dipastikan akan lebih ekstra ketat bekerja dalam semua tahapan dan pelaksanaan Pilkades Serentak tahun 2019. Pasalnya, dua desa tersebut memiliki jumlah bakal calon kepala desa (Balon Kades) lebih dari 5 orang.

Sekretaris Panitia Pilkades Tingkat Kecamatan Rumpin Cucu Sutisna mengatakan, dari 14 desa di Kecamatan Rumpin, ada 12 desa yang akan menggelar Pilkades Serentak pada 3 November 2019 mendatang.

“Hingga batas akhir pendaftaran, jumlah Balon Kades yang terdaftar resmi sebanyak 50 orang. Ada dua desa yang memiliki balon kades lebih dari 2 orang yaitu Sukamulya dan Rabak,” ungkap Cucu, Kamis (5/9/19).

Dia menjelaskan, saat ini panitia Pilkades tingkat desa sedang melakukan tahap verifikasi dan validasi berkas persyaratan para balon Kades. Menurutnya, dalam tahapan ini bisa saja ada balon kades yang tidak memenuhi syarat, sehingga tidak lolos.

“Tapi jika semua balon lolos tahap pengecekan dan penelitian berkas, maka bagi desa yang lebih dari 5 balon, akan diadakan seleksi tambahan,” Jelasnya.

Penelusuran awak media ini, Panitia Pilkades Sukamulya saat ini sudah mulai melakukan tahapan verifikasi dan validasi berkas 7 orang balon kades yang terdiri dari 2 orang perempuan dan 5 pria.

“Sesuai Perbup 37 tahun 2019 tentang pelaksanaan Pilkades serentak, batas akhir tahapan verifikasi adalah tanggal 8 September 2019. Jadi jika ada balon kades yang  belum lengkap berkasnya, masih ada waktu untuk melengkapinya,” tandasnya. (Mul)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *