Lagi, UBSI Kota Bogor Sukses Gelar Bincang Kampus Bersama Orang Tua

Kota Bogor – bogorOnline.com

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kota Bogor, kembali menggelar Bincang Kampus Bersama Orang Tua Mahasiswa di aula kampus B, Jalan Merdeka, Ciwaringin, Bogor Tengah, Kota Bogor. Hal ini dilakukan guna menjalin komunikasi bersama orang tua dengan pihak kampus.

Acara yang mengusung tema “Sinergitas Kampus Bersama Orang Tua Dalam Mendukung Lulusan Unggul di Era Digital” ini dihadiri para orang tua mahasiswa baru tahun akademik 2019-2020.

Hadir pula beberapa narasumber, di antaranya Taufik Hidayatulloh dari bidang akademik, Sandra Jamu Kuryanti dari bidang kemahasiswaan, Rachmat Suryadithia sebagai kepala BSI Carier Center dan Lestari Yusuf sebagai perwakilan dari BSI Entrepreneur Center.

Kepala Program Studi Sistem Informasi UBSI Kampus Kota Bogor, Dewi Ayu Nur Wulandari mengatakan, bahwa pihaknya memerlukan juga peran dari orang tua dalam memotivasi anaknya supaya berprestasi selama kuliah di UBSI, karena setiap mahasiswa memiliki kesempatan yang sama.

“Kami tidak bisa berjalan sendiri tanpa ada bantuan dari pihak orang tua mahasiswa. Kami harap bapak ibu bisa membantu dan memotivasi putra putrinya agar selalu berprestasi dibidang akademik ataupun non akademik selama menjalani studi di UBSI kampus Bogor, karena setiap mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk berprestasi,” katanya.

Sementara itu, Abdul Qodir Yanuar, salah satu orang tua mahasiswa mengemukakan, “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi orang tua, dan saya tidak menyesal mendaftarkan anak saya ke kampus BSI, dikarenakan biaya kuliah yang sangat terjangkau dan saya berharap UBSI kedepannya dapat meningkatkan akreditasi kampus dan program studinya.”

Di kesempatan ini, Abdul Qodir juga menanyakan tentang konsentrasi kuliah jika anaknya mengambil dual kampus. Pertanyaan itu kemudian dijawab langsung oleh Taufik Hidayatulloh dari bidang akademik dengan sangat detail, mulai dari pemaparan jadwal perkuliahan, mata kuliah teori dan praktikum, kalender akademik hingga pembayaran .

“Kami harap, mahasiswa mahasiswa UBSI setelah lulus nanti tidak hanya mendapatkan ijazah saja, tetapi juga memiliki sertifikasi kompetansi yang sesuai dengan program studi masing-masing, karena kami memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BSI yang membantu mahasiswa untuk memiliki keahlian khusus yang bersertifikasi,” jelas taufik.

Acara selanjutnya diisi dengan penyampaian BSI Career Center yang bertujuan untuk menjembatani mahasiswa yang setelah lulus ingin bekerja di suatu perusahaan. BSI Career Center juga memiliki program kerja yang bekerjasama dengan pemerintah yaitu Program Mahasiswa Magang BUMN (PMMB) ber-Sertifikat, sehingga orang tua tidak perlu khawatir ketika anak-anaknya menginjak semester 5 dan akan melaksanakan magang, mahasiswa tersebut bisa daftar atau mendapatkan berbagai info magang dan lowongan kerja di web career.bsi.ac.id atau melalu sosial media BSI Career Center.

“Harapan kami anak-anak dari bapak ibu mahasiswa dapat mempertahankan IPK minimal 3.00 dan mahasiswa harus memiliki kesiapan dan semangat bekerja yang dimulai dari diri sendiri juga harus memiliki Skill, Knowledge dan Attitude” tutur Rachmat Suryadithia, Kepala BSI Carier Center.

Di tempat yang sama, Sandra Jamu Kuryanti dari bidang kemahasiswaan menyampaikan bahwa orang tua harus banyak memberikan motivasi kepada mahasiswa agar ketika mahasiswa wisuda dan lulus dari UBSI mereka memiliki arsip atau bukti kegiatan yang telah mereka jalani selama di kampus dan tetap over protective agar mahasiswa tetap berprestasi.

Sandra juga memberikan pengarahan tentang perpustakaan digital yang dimiliki oleh UBSI.

“Mahasiswa agar bisa dapat memanfaatkan perpustakaan ini kapan pun dimanapun melalui e-library yang kami miliki,” tukasnya.

Diakhir sesi, perwakilan dari BSI Entrepreneur Center, Lestari Yusuf mengenalkan BSI Enterpreneur Center kepada orang tua. Ia juga menitipkan pesan agar selalu mendukung apapun kegiatan dan minat mahasiswa, karena BEC hadir dengan tujuan untuk membangkitkan minat mahasiswa pada bidang entrepreneur sebagai langkah lain mahasiswa yang ingin memiliki usaha dan juga menciptakan lapangan kerja sendiri. Dengan visi yang sesuai dengan moto BEC yaitu “Menjadi Pengusaha Sebelum Wisuda”.

Pihak UBSI berharap acara ini dapat menjadi input dari orang tua kepada pihak kampus UBSI kampus Kota Bogor agar selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada mahasiswa dan alumni UBSI kampus Bogor. (HRS)