Penuhi Pasokan Jabodetabek, Petani Milenial Tanam Pisang Ambon di Bogor

beranda, Ekbis2.1K views

BOGOR – Sukses melakukan percontohan penanaman pisang Ambon, petani muda yang tergabung dalam Himpunan Petani dan Peternak Milenial Indonesia (HPPMI) mulai mengembangkan penanaman dalam jumlah besar. Usaha ini dilakukan karena masih kurangnya pasokan pisang khususnya di wilayah Jabodetabek .

Untuk pasokan pisang di wilayah Jabodetabek saat ini didatangkan dari Lampung, Sukabumi, sedangkan di wilayah Kabupaten Bogor sendiri masih banyak lahan yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan budidaya pisang dalam jumlah besar.

” Di Kamlung Waru Doyong, Desa Kuta, kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor ini kami sudah siap menanam pisang jenis Ambon seluas 3,5 Ha. Sebanyak 3600 pohon pisang,” tutur Ketua Umum HPPMI, Aldi Supriyadi saat penanaman perdana, Sabtu ( 19/10)

Dia menambahkan untuk wilayah kecamatan Ciawi, dan Megamendung telah disiapkan lahan seluas 20 Ha, khusus untuk budidaya Pisang Ambon.

Ditempat yang sama Ketua Bisang Budidaya Pisang HPPMI, H Ibnu hujaimah Azizi, menambahkan.

Di wilayah Ciawi dan Megamendung, sangat baik untuk budidaya pisang jenis apapun, tetapi karena permintaan pisang Ambon cukup tinggi, dirinya memikih pengembangan pisang Ambon.
“Permintaan pisang Ambon keperluan bogor saja masih kurang, untuk saat ini kamu memperluas penanaman, ini bukan berarti ini tidak melirik budidaya pisang jenis lain, tetapi akan dikembangkan sela jutnya,” ujar Pria yang akrab disapa Jemy itu.

Ketua bidang budidaya pisang HPPMI H Jemy, menyerahkan secara simbolis kepada Ketua Umum HPPMI, Aldi Supriyadi untuk melakukan penanaman perdana secara simbolis
ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *