Tribute to Innovators 2019 : Apresiasi IPB University untuk Para Inovator

Kota Bogor – bogorOnline.com

Kekuatan IPB University sebagai kampus inovasi sudah tidak diragukan lagi. Selama sepuluh tahun terakhir, terhitung hingga tahun 2018, IPB University mendominasi daftar Perguruan Tinggi Negeri inovatif yang paling produktif hasil Business Innovation Center. Dari 1.155 inovasi di Indonesia, 39,91 persen adalah dari IPB University.

Hal itu yang disampaikan oleh Dr Arif Satria, Rektor IPB University dalam sambutannya pada acara Tribute to Innovators 2019, Jum’at (4/10) di IPB International Convention Center (IICC), Bogor. Tribute to Innovators merupakan kegiatan rutin tahunan untuk mengapresiasi para dosen, para peneliti, inovator serta unit kerja dan perusahaan rintisan yang berada di lingkungan IPB University. Dalam kesempatan ini, disampaikan anugerah kepada 87 pemenang atas prestasinya dalam menghasilkan inovasi dalam 12 kategori.

“IPB University secara dua tahun berturut-turut meraih penghargaan Widyapadhi dan Widyakrida. Terakhir dalam Sinta Award, IPB University mendapatkan penghargaan sebagai institusi dengan paten terbanyak. Sejumlah prestasi yang diraih IPB University selama ini merupakan buah prestasi para inovator. Juga prestasi para pimpinan IPB University, baik di fakultas maupun departemen yang terus mendorong para dosen di lingkungannya untuk tetap memberikan yang terbaik dalam pengembangan inovasi,” ujar Dr Arif.

Sebanyak 400 inovasi yang dimiliki IPB University, 106 inovasi sudah terkomersialisasi. Dr Arif memimpikan agar inovasi tersebut tidak hanya komersil di nasional namun juga harus sampai internasional. Sehingga target di tahun 2023, inovasi IPB University bisa menginspirasi dunia.

“Orang tidak pernah membayangkan Traveloka akan bisa menjadi leading di Indonesia. Start up yang kini menjadi unicorn, bukan karena meniru best practice. Mereka meng-create practice baru, future practice yang belum pernah dilakukan orang lain. Ini tergantung dari creativity kita. Maka IPB University jangan lagi melakukan best practice saja, mulai sekarang sudah harus make practice, itu tantangan kita ke depan,” kata Rektor IPB University.

“IPB University sudah mengganti taglinenya, inspiring innovation with integrity. Kita harapkan inspiring itu adalah ujungnya. Apa yang bisa kita inspirasikan adalah inovasi yang bisa tercipta kalau kita memiliki integritas. Karena integritas yang baik akan mewujudkan kolaborasi yang baik. Dengannya kita bisa melihat dan mengcreate sesuatu yang baru. Oleh karena itu, integrity, inovasi dan inspirasi itu akan menyatu dan memperkuat IPB University,” kata Rektor IPB University. (*/Nai)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *