29 Tahun Diami RTLH, Rumah Jerry Dibedah

‘Malaikat’ Hadir Dalam Wujud Sagala

Kota Bogor – bogorOnline.com

Jerry Latumeten (63) dan istrinya, Tuti Mariati warga Kampung Tegal Lega 02/01, Kelurahan Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, menangis terharu saat Muspika Kecamatan Bogor Tengah dan Ketua PK LPM Bogor Tengah, Haji Elfan Sori Sagala melakukan serah terima rumah miliknya, Jum’at (15/11/19).

Tangisan haru tersebut karena, dia tidak menyangka akan mendapat bantuan bedah rumah dengan total Rp106 juta lebih dari Ketua LPM Bogor Tengah, H. Elfan Sori Sagala. Ia mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan atas apa yang diberikan untuk keluarganya.

“Terima kasih kasih banyak, untuk pak Sagala, atas kepeduliannya terhadap keluarga saya,” ungkap Jerry.

Bapak satu anak ini mengatakan, dirinya tidak pernah menyangka akan mendapatkan program bedah rumah ini. Setelah 29 tahun menempati rumah semi permanen yang kondisinya sudah sangat tidak layak.

Jerry mengaku tak mampu memperbaiki rumahnya lantaran keterbatasan biaya. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ia menggantungkan hidupnya dengan berjualan kopi di Jembatan Pandu Raya. Dari penghasilanya itu, dirinya hanya mampu untuk membeli makan keluarganya saja dan kebutuhan kecil lainnya.
Sedangkan dengan kondisi rumahnya yang nyaris roboh itu, ia tak mampu berbuat banyak dan berharap ada bantuan untuk memperbaiki rumahnya itu.

“Beliau (Sagala,red), malaikat buat kami, kami kaget pak Haji datang, ini rumah saya dibedah dari awal,” ujarnya.

Ia bercerita sebelum rumahnya dibedah, dirinya bersama keluarganya harus tidur dengan posisi jongkok setiap kali turun hujan. Kondisi itu terjadi lantaran hampir diseluruh bagian rumahnya bocor.

“Bagian kayu aja sudah saya tambal, dan bagian atap saya tutup pakai sepanduk bekas tak terpakai. Alhamdulillah, saya berterimakasih sekali,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Bogor Tengah Agustiansyach mengapresiasi apa yang dilakukan Ketua LPM Bogor Tengah, Sagala. Ia berharap, ada pihak lain bisa seperti yang dilakukan Sagala yakni membantu warga yang dirasa kesulitan atau membutuhkan.

“Saya mengapresiasi tinggi apa yang sudah dilakukan Pak Sagala ini. Walikota Bogor pun sudah saya informasikan soal hal ini dan beliau juga memberikan apresiasinya,” kata Agus.

Pihak kecamatan, lanjut Agus, terus melakukan pendataan ke semua wilayah agar bisa melakukan perbaikan di rumah yang tidak layak huni seperti warga bernama Jerry ini.

“Bantuan atau CSR dari perusahaan yang ada di Bogor Tengah kita harapkan juga agar bisa meringankan tugas pemerintah juga,” tandasnya. (*/Nai)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *