Kecamatan Bogor Utara Masih Laik Menyandang ISO 9001:2015

Kota Bogor – bogorOnline.com

Meski menempati kantor sementara, Kecamatan Bogor Utara terus memberikan kualitas pelayanan terbaik kepada masyarakat. Hal itu terbukti, Kecamatan Bogor Utara kembali meraih sertifikat International Organization Standarization (ISO) 9001:2015 dari eQual Assurance.

Kecamatan Bogor Utara dinyatakan masih berhak untuk menyandang sertifikat ISO 9001:2015 tersebut setelah melalui proses audit survaillance yang dilakukan oleh Equal Consulting dari Australia.

“Kecamatan Bogor Utara sebelumnya telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015 terkait quality management system karena telah memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk semua jenis pelayanan kepada masyarakat,” kata Camat Bogor Utara, Rahmat Hidayat, Selasa 26 November 2019.

Pada tahun ini, lanjut dia, Kecamatan Bogor Utara kembali diaudit survaillance untuk memastikan apakah standar manajemen yang dimiliki itu dan diterapkan masih dijalankan dengan baik apalagi saat ini kondisinya menempati kantor sementara karena sedang proses pembangunan kantor baru.

“Dan kemarin, setelah diaudit selama kurang lebih satu minggu oleh Equal Consulting atau konsultan manajemen dari Australia ternyata Kecamatan Bogor Utara dinyatakan masih laik untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015,” ungkapnya.

Rahmat juga menjelaskan, ada beberapa poin yang menjadi penilaian, termasuk adanya inovasi pelayanan ekstra Rabu malam dan Sabtu pagi dan pelayanan satu pintu kepada masyarakat yang diterapkan Kecamatan Bogor Utara. Kemudian ditambah inovasi terbaru, yakni Kecamatan Bogor Utara Ngibrit turunan dari program Bogor Berlari.

“Ngibrit ini singkatan dari Normatif, Gesit, Inovatif, Bersemangat, Religius, Integritas dan Transparan. Budaya kerja Ngibrit ini baru dicetuskan tapi dinilai dapat memotivasi ASN Kecamatan Bogor Utara lebih baik lagi,” tuturnya.

Bagi Rahmat, keberhasilan meraih kembali sertifikat ISO 9001:2015 merupakan sebuah amanah sekaligus diapresiasi juga. Ia berharap dengan ini bisa memotivasi ASN (Aparatur Sipil Negera) di lingkup Kecamatan Bogor Utara untuk lebih baik lagi terutama dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Mereka (ASN) semua sangat senang dengan posisi kita yang masih dinyatakan laik (dapat ISO), dan ini memotivasi teman-teman di sini. Mudah-mudahan setelah kantor baru selesai, kita akan terapkan inovasi lain sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa lebih baik lagi,” katanya.

Apalagi, sambung Rahmat, di gedung baru nanti kantor Kecamatan Bogor Utara digabung dengan Kelurahan Tegal Gundil.

“Ini salah satu terobosan dan baru pertama di Kota Bogor, dimana kantor kecamatan dan kelurahan bergabung. Mudah-mudahan ini menambah poin khususnya warga Tegal Gundil yang membutuhkan pelayanan bisa lebih cepat, satu pintu,” tukasnya. (HRS)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *