KPJ se-Jabodetabek Unjuk Kebolehan di Rekkam Art Festival

Kot Bogor – bogorOnline.com

Komunitas Penyanyi Jalanan (KPJ) se-Jabodetabek dan wilayah lain di Indonesia akan kumpul di Taman Ekspresi untuk tampil di acara Ruang Estetik Karya Kreatif Anak Muda (Rekkam) Art Festival #5 Bogor.

Ketua Pelaksana, Heri Sanila Putra Siregar mengatakan, acara ini digelar atas kerjasama Yayasan Rumah Kreatif Kebun Sastra dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor. Dalam acara tahun ini mengusung tema “Silaturahmi Karya Anak Bangsa Merayakan Keberagaman”.

“Anak jalanan kita lihat sendiri, banyak warna, bentuk, karakter dan sikap. Rekkam Art ini tujuannya adalah bagaimana menciptakan sebuah ruang kebudayaan untuk kebersamaan. Ini juga sebuah pencapaian dari kawan-kawan sebagai pembuktian bahwa anak jalanan punya potensi dan masa depan,” katanya di sela pembukaan, Jumat 6 Desember 2019.

Festival ini berlangsung selama dua hari, dimulai 6 Desember dan berakhir pada 7 Desember. Rangkaian kegiatannya, panggung apresiasi penampilan peserta mulai musik, teater dan tari.

Selain itu, ada workshop lukis dan dialog kebudayaan dengan menghadirkan narasumber, di antaranya Gus Syauqi, putra Wakil Presiden Ma’ruf Amin, KH Mustofa Abdullah bin Nuh, Ketua MUI Kota Bogor dan Riri Riza, penyair.

Pria yang akrab disapa Heri Matahari itu menambahkan, sejauh ini peserta yang telah mendaftar untuk mengisi acara ada 50 baik dari KPJ dan juga sanggar se-Jabodetabek. Sedangkan dari wilayah lainnya, ada yang dari Bandung dan Rangkasbitung.

Pihaknya berharap kedepan taman-taman kota yang ada bisa menjadi ruang alternatif sebuah gerakan kebudayaan seniman Kota Bogor khususnya. Bahkan pihaknya menyatakan siap untuk memfasilitasi KPJ tampil di taman-taman kota.

“Target kami tahun 2020 dapat menciptakan ruang ini setiap hari Sabtu dan Minggu mereka ngamen di sini. Kami fasilitasi sound system-nya. Ini upaya untuk mengarahkan mereka menjadi lebih baik sebagai pengamen yang layak bukan pengamen pada umumnya,” ungkapnya. (HRS)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *