by

Lebarkan Jembatan Otista Telan Anggaran 60 Miliar

Kota Bogor – bogorOnline.com

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Bogor akan melebarkan jembatan yang berlokasi di Jalan Otto Iskandardinata (Otista) pada 2020. Untuk merealisasikan hal itu, DPUPR berencana melakukan pebebasan lahan sekitar jembatan.

Kepala DPUPR, Chusnul Rozaqi mengatakan, kegiatan pembebasan lahan akan dilaksanakan awal 2020 yang kemudian dilanjutkan dengan pembangunan fisik jembatan di tahun yang sama.

“Untuk Otista, rencananya pembebasan di awal tahun dan pembangunan fisiknya juga di tahun depan. Kurang lebih yang dibutuhkan 625 meterpersegi,” kata Chusnul kepada awak media, Selasa 10 Desember 2019.

Lahan yang akan dibebaskan tersebut berada di sekitar jembatan di dua kelurahan, yakni Baranangsiang, Bogor Timur dan Babakan Pasar, Bogor Tengah. “Ada delapan bidang tanah di wilayah Baranangsiang dan Babakan Pasar. Bidang tanah terbanyak ada di Babakan Pasar,” kata dia.

Chusnul mengungkapkan, bahwa ABPD mengalokasikan anggaran pembebasan lahan yang digunakan untuk pelebaran jembatan Otista sebesar Rp20 miliar. Pihaknya menargetkan pembebasan lahan sudah rampung pada Februari 2020.

“Saat ini appraisal sedang berjalan. Target pembayaran di awal tahun kemungkinan bulan Februari selesai. Yang mungkin agak lama itu pengecekan kepemilikan berkaitan dengan ahli waris,” katanya.

Lebih lanjut, kata Chusnul, untuk pembangunan jembatan Otista diperkirakan akan menghabis anggaran Rp40 miliar. Anggaran fisik sendiri bersumber dari bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

“Iya, untuk fisik sekitar Rp 40 miliar bantuan dari Jawa Barat. Nanti, setelah pembebasan lahan bersama persiapan dokumen perencanaan untuk kemudian lelang bulan Maret. Kemungkinan antara Mei atau Juni sudah mulai pembangunan fisiknya,” tukasnya. (HRS)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed