by

Langkah Awal Sang Kades Menata Antajaya Lebih Baik

BOGORONLINE.com, Tanjungsari-Setelah dilantik Bupati Bogor Rabu (18/12/2019) lalu, Kepala Desa (Kades) Antajaya Kecamatan Tanjungsari Andi Pamungkas S.H, langsung bergerak. Sesuai janji politiknya saat mencalonkan diri sebagai kades, ingin melakukan perubahan untuk kemajuan maka langkah awal mematangkan program kerja.

Andi Pamungkas mengatakan, sebagai prioritas pemerintahannya, menuntaskan infrastruktur yang belum tuntas. Hal itu dimaksudkan agar warga bebas berinteraksi dalam melakukan aktifitas. Terutama warga masyarakat yang akan melakukan aktifitas bertani, baik ke sawah maupun yang akan berkebun.

Perwujudan program terlihat bersama warga minggu lalu. Kades Andi Pamungkas melakukan perbaikan jalan yang menghubungkan Rt 03 Kampung Cipereng dan Rt 01 Kampung Nagrak.

“Untuk saat ini saya programkan, menuntaskan jalan yang belum tuntas agar masyarakat bisa berinteraksi. Terutama akses jalan yang menghubungkan kampung dan akses jalan ekonomi,” kata Andi di Ruang kerjanya, Rabu (29/1/2020).

Lanjut dia, selain akses jalan, dirinya juga ingin memberikan perhatian khusus kepada kaum muda. Dirinya akan mengupayakan ruang terbuka yang dapat dinikmati kaum muda untuk berkumpul. Diharapkan, dengan adanya ruang seperti itu dapat menambah nilai jual Antajaya.

“Saya akan coba melakukan pendekatan kepada investor lahan kavling untuk membantu penyediaan lahannya. Ruang seperti ini, akan menambah nilai jual dan dapat mengundang konsumen berkunjung ke Antajaya,” lanjutnya.

Andi juga menyinggung program Pemerintah Kabupaten Bogor yang fokus kepada sektor pariwisata. Sebagai daerah yang berada di kaki Gunung Sangga Buana, Antajaya sangat memungkinkan untuk wisata alam air terjun atau curug.

“Disini ada dua curug yang belum tersentuh, Curug Lalai dan Curug Panganten. Sebagai kades, saya mengajak investor untuk meramaikan kedua curug ini,” tambahnya.

Selain itu, sebagai wilayah yang penduduknya mayoritas petani, dirinya akan menghidupkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Usaha yang akan dilakukan, bersentuhan langsung dengan petani yakni menanam Sereh Wangi.

“Sereh wangi sangat mudah dibudidayakan. Apalagi, disini banyak lahan tidur yang bisa kita manfaatkan. Hasilnya, dijual ke BUMDes,” tandas Andi. (soeft)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed