by

BPK Turun, Ruas Jalan Pamipiran Cikutamahi Rusak Parah

BOGORONLINE.com, CARIU – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Barat akan turun memeriksa ruas jalan Pamipiran Cikutamahi, Kecamatan Cariu Kabupaten Bogor. Kehadiran BPK menyusul rusaknya jalan yang baru saja dikerjakan CV Lang.

Jalan sepanjang 805 meter, dibangun menggunakan dana dari APBD Kabupaten Bogor Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp 3 miliar lebih, telah mengalami kerusakan. Sebagian badan jalan yang rusak itu, diduga kuat akibat kurangnya pengawasan dari Konsultan pengawas, Cipta Konsultan.

“Minggu depan, BPK akan turun memeriksa fisik jalan. Kalau ada temuan dari BPK, kemungkinan sebagian tidak akan dibayar sampai dilakukan perbaikan,” kata Kepala UPT Infrastruktur dan Jembatan wilayah Jonggol, Didih Karsidi di Jonggol kemarin.

Lanjut dia, kalau dalam penghitungan teknis oleh BPK ada temuan kerusakan, maka penyedia jasa harus melakukan perbaikan. “Kalau kerusakan jalan kecil, bisa ditambal. Tapi kalau kerusaiannya besar, harus dibongkar,” lanjut Didih.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kabupaten Bogor Andri mengaku telah melayangkan surat untuk melakukan perbaikan kerusakan jalan tersebut. Menurut dia, pelaksana mesti bertanggungjawab atas kerusakan itu. Beton yang retak atau patah harus dilakukan perbaikan.

“PPK sudah mengirimkan surat kepada pelaksana agar segera melakukan perbaikan. Kalau tidak, jaminan pemeliharaan tidak diberikan. Karena, jaminan itu akan dipakai untuk perbaikan,” tegas Andri.

Anggota Komisi lll DPRD Kabupaten Bogor Achmad Fatoni yang terjun langsung beberapa waktu silam, menyayangkan kinerja kontraktor yang terkesan asal-asalan. Ia berharap, waktu pemeliharaan selama 6 bulan, dapat digunakan untuk melakukan perbaikan.

“Harus dilakukan perbaikan dari sekarang. Jangan menunggu lama, karena keretakannya bisa melebar,” tandas Politisi PKS ini. (soeft)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed