by

Empat Makam di Kota Bogor Tergerus Longsor

BOGORONLINE.com, Bogor Selatan – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Bogor menyebabkan tanah pemakaman warga yang berlokasi di Kampung Nangerang, RT03 RW06, Kelurahan Ranggamekar, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor longsor pada Kamis (27/02/2020).

Dalam kejadian tahan longsor sepanjang 30 meter dengan tinggi 15 meter yang terjadi sekira pukul 05.00 WIB tersebut menyebabkan 4 makam terbawa longsor dan 8 makam lain sekitar lokasi terancam longsor.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Priyatnasyamsah mengatakan, tanah makam yang merupakan wakaf warga setempat ini awalnya memiliki luas sekitar 4.000 meterpersegi. Namun dikarenakan kerap terjadi longsor, makam-makam yang ada sempat terbawa longsor.

“Kalau hari ini ada sekitar empat makam yang terancam, dari informasi pak RT sebelum hari ini beberapa bulan lalu dan beberapa tahun lalu pernah juga terjadi hal yang sama. Waktu itu ada sekitar 10 makam,” kata Priyatnasyamsah kepada sejumlah awak media.

Ia melanjutkan, akibat terbawa longsor kondisi makam yang berada di tebingan kali Cipinang Gading tersebut saat ini sudah tak lagi utuh. Seperti dalam kejadian hari ini, ada dua makam yang kain kafannya tampak menyembul dari tebing tanah.

Untuk mengantispasi kejadian serupa, dimana masih terdapat 8 makam yang beresiko terdampak longsor, pihaknya menyarankan memang perlu untuk dipindahkan ke lokasi yang lebih layak.

“Untuk ini, kita akan komunikasi dengan pihak kelurahan hingga RT untuk mencari tahu dulu keberadaan kelurahannya. BPBD sifatnya menunggu keputusannya,” tandas Priyatnasyamsah.

Sementara itu, informasi yang dihimpun, Wali Kota Bogor Bima Arya rencananya akan menghadiri proses pelaksanaan relokasi beberapa makam di TPU Kebon Nanas Rangga Mekar pada Jumat (28/02/2020) besok. (Hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed