by

Puluhan Anggota LSM Kaliber Amankan Gunung Batu Sukamakmur

BOGORONLINE.com, SUKAMAKMUR – Puluhan anggota LSM Kaliber Distrik 4 Kabupaten Bogor terjun mengamankan Gunung Batu, Desa Sukaharja Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor dari tangan Gurandil. Menyusul laporan masyarakat bahwa Gunung yang merupakan ikon Sukamakmur itu telah dirusak oleh tangan jahil yang mengejar keuntungan pribadi.

“Kami hadir disini atas permintaan masyarakat terkait penambangan liar yang dilakukan gurandil. Saya bersama anggota langsung terjun memastikan laporan masyarakat tersebut. Dan memang, kami menemukan bekas penambangan yang dilakukan gurandil,” kata Ketua Distrik 4 Kabupaten Bogor, Wawan Gunawan di lokasi, Jumat (14/02) kemarin.

Sebagai lembaga yang peduli terhadap lingkungan kata Wawan, tidak akan berdiam diri atas pengrusakan itu. Apalagi, sebagai putra daerah, tidak akan membiarkan gurandil melakukan aktifitas, menambang dengan alasan kepentingan perut.

“Itu tidak masuk akal, menggunakan alasan pribadi lantas mengorbankan orang lain. Tidak dapat dibayangkan kalau terjadi bencana alam longsor seperti di wilayah bogor barat. Saya dan anggota bersama masyarakat sepakat menghentikan kegiatan itu, tanpa tawar menawar,” tegas Wawan.

Sementara tokoh masyarakat Gunung Batu, Den Giri mengucapkan terimakasihnya atas respon dari LSM Kaliber. Ia berharap, kedepan tidak ada lagi kegiatan penambangan liar. “Atas nama masyarakat dan pribadi, saya ucapkan terimakasih kepada LSM Kaliber yang telah bersedia datang ke lokasi,” ucap Den Giri.

Ditambahkan, kalau gurandil masih melakukan kegiatan, Den Giri yang juga Anggota Peradi ini akan melakukan somasi. Dengan harapan, Gurandil yang dikoordinir Ugan dapat menghentikan kegiatan.

Lanjut Giri, upaya pemerintah menghentikan kegiatan gurandil Gunung Batu, dua lembaga yakni Satpol PP dan ESDM Pemprov Jabar telah memberikan himbauan agar menghentikan kegiatan. Namun himbauan tidak diindahkan. Untuk itu, pihaknya akan meminta TNI, Kodim 0621/Kabupaten Bogor menghentikan.

“Belajar dari kejadian di Bogor Barat, pemulihan kondisi bencana alam diserahkan kepada TNI. Maka sebelum terjadi bencana, kami berharap TNI juga peduli terhadap ulah gurandil ini,” tandas Giri. (Soeft)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed