by

Reklamasi Lahan, Pengusaha Penuhi Tuntutan Warga Jatihurip

BOGORONLINE.com, TANJUNGSARI – Tuntutan warga RT 01/RW 01 Kampung Jatihurip Desa Buanajaya Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor terhadap Koperasi Serba Usaha (KSU) Sinar Sugih Mukti selaku penambang clay direalisasikan. Tuntutan warga yang selama ini dikeluhkan akhirnya muncul juga.

Tiga tuntutan yang diajukan warga kepada perusahaan melalui Pemerintah Kecamatan Tanjungsari yakni, tersedianya air bersih, jalan yang bebas lumpur serta kekhawatiran terjadi longsor, kini terjawab.

“Tuntutan warga telah kami penuhi, terutama ketersediaan air bersih. Ini yang menjadi kebutuhan utama. Supaya seluruh warga kampung Jatihurip terpenuhi, di buatkan satu sumur artesis,” kata perwakilan penambang Yudha di Buanajaya, Kamis (5/3).

Selain itu, kekhawatiran warga akan terjadinya longsor juga telah dijawab. Ratusan pohon untuk reklamasi akan ditanam, menghijaukan kembali lahan yang telah ditambang. Jenis pohonnya bermacam-macam, ada kayu keras dan kayu produktif. Penanaman itu merupakan kewajiban pengusaha paska penambangan.

“Kami telah melakukan reklamasi, menanam pohon keras agar tidak terjadi erosi. Sebenarnya, perusahaan memahami keinginan warga, namun realisasinya bertahap,” lanjut Yudha.

Terkait jalan yang dipenuhi lumpur kata dia, armada pengangkut material tidak semua berlumpur. Karena, kalau musim hujan, tidak dilakukan penambangan. “Kalau hujan, kami tidak beroperasi, selain licin, juga menjaga jangan sampai jalan tertutup lumpur,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Buanajaya Sudarjat merasa lega mendengar permintaan warganya terealisasi. Ia berharap, dengan adanya kesepakatan itu, kedepannya dapat lebih terjaga. Sehingga hubungan harmonis selalu terbina demi kemajuan bersama.

“Baguslah kalau sudah ada jawaban dari perusahaan. Selaku kades, saya akan terus memantau agar tidak terjadi lagi protes warga,” tandas Sudarjat. (soeft)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *