Ini 8 Tugas Camat dan Lurah Kota Bogor

Berita Hari ini1.4K views

BOGORONLINE.com, Kota Bogor – Pemerintah Kota Bogor tengah bersiap diri akan melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB untuk pencegahan penyebaran wabah Covid-19 atau virus corona di wilayahnya.

“Sesuai arahan Gubernur Jawa Barat, Kota Bogor akan melaksanakan Pembatasan Sosial Skala Besar, adapun implementasinya berupa pengelolaan area pencegahan penyebaran Covid-19 dan memberdayakan potensi masyarakat dalam bentuk RW Siaga Corona,” kata Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim dalam keterangannya pada Rabu (1/4/2020).

Untuk ini, Dedie meminta para lurah didampingi camat masing-masing di wilayah menyiapkan langkah-langkah teknis. Langkah teknis dimaksud, pertama adalah menyosialisasikan pencegahan penyebaran Covid-19 bersama pengurus RW, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, kader PKK, Pengurus LPM dan seluruh potensi masyarakat yang ada.

Kedua, membatasi pergerakan keluar masuk warga, termasuk memonitor tamu dan orang-orang yang tidak berkepentingan berada di wilayah masing-masing serta memasang spanduk RW Peduli Corona dan menggiatkan Siskamling.

Selanjutnya ketiga, melakukan pemetaan dan pendataan masyarakat terdampak dan membuat daftar diluar Database Kemiskinan Kota Bogor atau diluar penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Keempat, menyiapkan langkah pengamanan ketersediaan bahan pokok, bahan bakar dan air minum bagi warga dengan mengkalkulasi seluruh resiko dan solusi apabila diterapkan pembatasan dalam jangka waktu tertentu.

Sedangkan kelima, memberdayakan seluruh potensi masyarakat untuk menerapkan prinsip gotong royong, solidaritas antar warga, peduli sesama, peduli tetangga dan tolong menolong.

“Keenam, melarang kegiatan sosial dan keagamaan yang menimbulkan kerumunan sehingga berdampak penularan Covid-19. Dan ketujuh, terus melaksanakan instruksi Presiden agar melakukan aktivitas belajar, bekerja dan beribadah dari rumah masing-masing,” lanjut Dedie.

Terakhir atau kedelapan, untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan lindungi diri dengan masker, hand sanitizer, jaga jarak sosial yang aman dan tidak menyentuh wajah sebelum cuci tangan.

“Prediksi PSBB akan berlangsung hingga tanggal 23 Mei 2020,” tandasnya. (Hrs)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *