by

Sungai Cimapag Meluap, Dua Jembatan Terbawa Arus

BOGORONLINE.com, TANJUNGSARI – Akibat luapan Sungai Cimapag yang airnya bersumber dari Gunung Sangga Buana, dua jembatan yang melintas diatasnya, terbawa banjir. Kedua Jambatan itu, Bakankadu dan Cimapag, Desa Buanajaya Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor terputus. Akibatnya, aktifitas warga terhenti.

“Ya, hari ini banjir sungai cimapag cukup besar, karena dari siang curah hujan tinggi. Dua jembatan, Bakankadu dan Cimapag terbawa banjir,” kata Kepala Desa Buanajaya Sudarjat melalui sambungan telephone, Sabtu (4/4).

Lanjut dia, Jembatan Cimapag yang menghubungkan Kampung Gobang dengan Kampung Cimapag sering terbawa arus. Hal tersebut disebabkan karena pembangunannya tidak standard. Bahkan, baru beberapa hari jembatan dibangun menggunakan bambu swadaya masyarakat, kini sudah hanyut lagi.

Jembatan Cimapag sempat viral lantaran janji Bupati Ade Yasin saat kampanye. Ade berjanji akan membangun jembatan itu. Realisasinya, tahun 2020, jembatan tersebut akan dibangun permanen.

“Warga Gobang dan Cimapag sering menanyakan ke saya akan janji bupati. Saya hanya menjawab, informasi terakhir tahun 2020, jembatan akan dibangun,” lanjut Sudarjat.

Ditambahkan, selain Jembatan Cimapag, Jembatan Bakankadu juga mengalami nasib sama, hanyut terbawa banjir. Jembatan yang dibangun Anggota TNI saat melaksanakan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2019 lalu, merupakan akses utama menuju Kampung Bakanpeuntas lokasi TMMD.

“Jembatan bakankadu memang sempat jadi perbincangan warga saat TMMD berlangsung. Keinginan warga, jembatan ikut dibangun karena percuma bikin jalan kalau jembatan dibiarkan. Tapi sampai saat ini, belum ada tindak lanjutnya,” tambahnya.

Terpisah, Anggota Badan Anggaran DPRD Kabupaten Bogor Muad Khalim memperjelas, tahun 2020 jembatan Cimapag akan dibangun. Kepastian itu setelah pemerintah bersama dewan menyepakati anggarannya.

“Hasil rapat pembahasan anggaran telah diputuskan, tahun sekarang jembatan cimapag masuk dalam prioritas. Anggaran sudah ditetapkan, tinggal menunggu waktu pelaksanaan,” pungkas Politisi PDIP ini. (Soeft)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed