by

Paket Ikan Sehat dari KKP, Budhy Setiawan: Bantu Serap Industri Perikanan

BOGORONLINE.com, Kota Bogor – Bulan Mutu Karantina 2020 kembali menyapa di wilayah Provinsi Jawa Barat. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BBKIPM) Jakarta I sebagai pelaksana program berbagi ikan sehat bermutu untuk melawan Covid-19 tersebut menyasar di tiga wilayah, yakni Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor.

Acara seremonial penyerahan bantuan KKP-BKIPM dilakukan secara simbolis oleh Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Rina kepada Wali Kota Bogor Bima Arya yang kemudian diserahkan kepada perwakilan masyarakat dari tiga wilayah di Balaikota Bogor, Senin (18/5/2020).

Kepala BKIPM, Rina mengatakan, Bulan Mutu Karantina 2020 merupakan program tahunan BKIPM yang bertujuan untuk menambah asupan protein dari ikan sehat dan bermutu sehingga menambah kekebalan tubuh masyarakat di tengah masa pandemi Covid-19.

“Sehubungan Indonesia sekarang terkena wabah, maka Bulan Mutu Karantina tahun ini fokus kepada dua kegiatan utama, salah satunya membagikan ikan sehat dan bermutu. Tapi tidak sekedar membagikan saja di dalamnya ada informasi-informasi, ikan sehat itu seperti apa, supaya mutunya baik seperti apa dan lainnya,” kata Rina.

Adapun bantuan yang diserahkan sebanyak 2,6 ton ikan beku, 1,3 ton ikan olahan dan 3.900 ikan kaleng yang sudah dikemas sebanyak 1.300 paket dimana setiap paket berisi 2 kg ikan beku, 1 kg olahan otak-otak ikan dan 3 ikan kaleng.

Paket-paket tersebut dibagi dalam tiga tahap, yakni tahap I pada tanggal 16 Mei 2020 sudah diserahkan 200 paket di Kota Bogor, tahap 2 tanggal 17 Mei 2020 di Kabupaten Cianjur sebanyak 500 Paket dan untuk Tahap ketiga pada hari ini tanggal 18 Mei 2020 di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor sebanyak 600 Paket.

“Paket ini langsung diantarkan ke rumah penerima secara door to door. Jadi, Ibu Bapak dari DPR sudah mencatat siapa yang menerima, dan KTP sudah diberikan ke dinas terkait setempat, selanjutnya dicek dinas untuk layak apa tidaknya mendapatkan bantuan ini,” terangnya.

Dalam penyerahan bantuan ini, turut hadir anggota Komisi IV DPR-RI Dapil Jawa Barat III Budhy Setiawan dan Hj. Endang Setyawati Thohari. Selain itu dihadiri juga Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor, Anas S. Rasmana.

Anggota Komisi IV DPR-RI Dapil Jawa Barat III Budhy Setiawan mengatakan, salah satu program KKP-BKIPM ini dilaksanakan bekerja sama dengan para anggota DPR yang menjadi mitra dari Komisi IV dalam hal pendistribusian bantuan kepada penerima.

“Pendistribusiannya, anggota DPR melalui jaringan relawannya memberikan bantuan ini door to door sehingga untuk menghindarkan adanya pengumpulan massa,” kata Budhy.

Lebih lanjut, kata politisi Golkar itu, bantuan berupa produk perikanan baik olahan maupun ikan segar dari hasil nelayan maupun industri perikanan ini, sehingga membantu penyerapan hasil perikanan juga yang mana belakang ini kondisinya lesu karena banyaknya hotel, restoran dan usaha makanan pada tutup.

“Jadi kementerian di samping membantu sisi pembeliannya kepada nelayan yang membeli barang-barang meraka dan juga menyampaikan kepada masyarakat. Ada sekitar 1.800 paket terbagi di tiga wilayah, Kota Bogor, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur. Dan bantuan ini khusus masyarakat terdampak Covid-19,” tandasnya. (Hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed