by

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan HJB, Ecovillage Baraya Gulirkan Lumbung Lauk Pauk

BOGORONLINE.com, Ciawi – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Jadi Bogor ke 538, Ecovillage Baraya bersinergi dengan Jabar Bergerak Kabupaten Bogor menggulirkan program lumbung lauk pauk di RW10 Kampung Ciasin, Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, pada Jumat (5/6/2020).

Menurut salah satu panitia pelaksana kegiatan Lumbung Lauk Pauk Ecovillage Baraya, Purnama, komunitas Ecovillage Baraya mengadakan program lumbung lauk pauk terinspirasi untuk menciptakan rasa solidaritas terhadap sesama. Kegiatan ini nantinya akan dilakukan setiap Jumat.

“Dan kebetulan kita membuka kegiatan ini sebagai aksi nyata dari HJB yang mengangkat tema solidaritas sosial untuk kebangkitan Kabupaten Bogor, disamping itu dengan adanya peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia,” kata Purnama.

Sementara itu, Ketua EcoVillage Baraya, Irfah Satori menjelaskan, saluran air yang melintasi sepanjang Kampung Ciasin disulap menjadi kolam ikan oleh Ecovillage Baraya menjadi lokasi lumbung lauk pauk bagi warga.

“Warga hanya diperbolehkan mengambil ikan di sana dengan menggunakan alat pancing di setiap hari Jumat. Kenapa harus dipancing, supaya warga teredukasi bahwa untuk mendapat sesuatu perlu ada usaha dulu. Mancing itu kan butuh kesabaran, supaya warga tidak bergantung ketika dikasih langsung ambil. Ada sedikit usaha dulu buat mengambilnya” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Jabar Bergerak Kabupaten Bogor dan Paguyuban Ojek Online turut berpartisipasi dalam program lumbung lauk pauk. Banyak pihak juga yang terlibat membantu sesama dalam persiapan menuju New Normal atau Adaptasi Kehidupan Baru (AKB).

Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Bogor, Arif Budiman menambahkan, solidaritas sosial memang harus dilakukan dengan aksi nyata, khususnya antara manusia dan manusia begitupun lingkungan dengan manusianya itu sendiri.

“Jabar Bergerak Kabupaten Bogor sangat siap untuk berkolaboraksi dengan siapa pun dalam kebaikan. Dan yakin kedepan menyambut New Normal ini kita pasti menang,” tukas Arif. (*/Hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed