by

IdulAdha 1441 Hijriah Diskanak Pemkab Bogor, Cek Kesahatan Ribuan Hewan Kurban

BOGORONLINE.com-BOGOR CIBINONG

Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Bogor periksa kesehatan ribuan hewan kurban sapi, kerbau, domba dan kambing di lapak penjualan hewan Laladon, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor untuk Hari raya Idul Adha 1441 Hijriah, 2020 Masehi Rabu (29/8/20).

Kepala Dinas (Kadis) Kanak Pemkab Bogor Otje Subagja mengatakan, pengecekan hewan saat ini oleh
98 orang petugas. Dibantu pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), mahasiswa peternakan yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN). Guna memeriksa kesehatan dan kelayakannya 480 lapak penjualan hewan qurban.

“Sehingga hasilnya hewan kurban yang dijual di Bumi Tegar Beriman dinyatakan sehat dan layak potong. Dengan diberikan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dan stiker sehat,” ujarnya di lokasi.

Otje menambahkan, selain mengecek kesehatan dan kelayakan hewan kurban, jajarannya juga mewajibkan pelaksanaan protokol kesehatan Covid 19 dalam proses jual beli hewan kurban. Dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak agar tidak tertular atau menularkan wabah Corana. Apalagi masih ia menjelaskan, pada saat pandemi ini ada peraturan baru yang berlaku mulai dari hewan qurban berangkat dari daerah asal hingga pendistribusian daging hewan qurban.

“Untuk dikonsumsi oleh masyarakat,” tambahnya.(rul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed