by

Hujan Deras, Tiga Rumah Warga Terperosok Akibat Longsor

BOGORONLINE.com, Bogor Tengah – Tiga rumah warga yang berada di Kampung Kebon Manggis Munjul, RT01 RW04, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, terperosok akibat tanah longsor, pada Kamis (17/9/2020).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Priyatnasyamsah mengatakan, kejadian itu terjadi sekira pukul 02.15 WIB. Bencana itu terjadi disebabkan hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sejak malam.

“Tanah longsor terjadi disebabkan curah hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur di wilayah tersebut, dan diperparah oleh kondisi tanah setempat yang labil,” kata Priyatnasyamsah dalam keterangannya, Kamis (17/9/2020) siang.

Ia melanjutkan, tanah longsor yang berada dipinggir kali Cidepit setinggi sekitar 8 meter dengan lebar sekitar 20 meter mengakibatkan tiga rumah warga terperosok dan rusak berat.

Berdasarkan data, ketiga rumah tersebut milik Gandi yang dihuni 1 KK dengan 3 Jiwa. Kemudian Angga dihuni 1 KK dengan 4 Jiwa, dan Asep dihuni 2 KK dengan 4 Jiwa.

Sedangkan satu rumah milik Mila yang dihuni 1 KK dengan 6 jiwa mengalami rusak ringan.

“Tanah longsor juga mengancam tiga rumah yang posisinya berada didepan lokasi kejadian,” imbuhnya.

Dalam kejadian ini tak ada korban jiwa. Namun warga mengalami kerugian materi. Dalam kejadian ini juga menyebabkan akses jalan setapak warga setempat terputus dan satu unit tiang PJU, pohon serta sepeda motor terbawa material longsoran tanah ke kali Cidepit.

Priyatnasyamsah mengatakan upaya assessment telah dilaksanakan oleh TRC – PB BPBD Kota Bogor.

“Kondisi saat ini di lokasi kejadian dan kebutuhan mendesak berupa bantuan evakuasi dampak longsoran, terpal serta kebutuhan makanan siap saji dan logistik natura untuk pihak terdampak,” tandasnya. (Hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed