by

Layak Ditutup, PT BM Ancam Irigasi Cikumpani

BOGORONLINE.com, TANJUNGSARI – Perusahaan Pengolahan batu PT. Bogor Mineral (BM) di Kampung Dukut, Rt 01/RW 01, Desa Sirnarasa Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor, layak ditutup. Pasalnya, perusahaan itu telah mengotori lingkungan berupa abu batu. Selain udara, Irigasi Cikumpani yang merupakan sumber air bagi petani wilayah itu, menjadi sasaran pencemaran.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Rabu (30/9) melakukan sidak. Dalam sidak, menemukan beberapa kejanggalan. Salah satunya, kolam penampungan limbah tidak layak. Sehingga, limbah dari perusahaan masuk saluran irigasi. Kondisi itu dapat mengganggu ketahanan pangan lantaran hasil panen padi berkurang.

“Sedang kami perbaiki agar limbah tidak masuk irigasi. Saat ini, tidak ada produksi, makanya belum bisa membuat jalan air untuk dibuang ke sungai cibeet. Nanti kalau musim hujan, baru dilakukan perbaikan,” kata pelaksana lapangan Arif, di lokasi.

Ia menambahkam, pekerjaan perbaikan bak penampungan limbah, akan dikerjakan setelah musim hujan. “Untuk saat ini, tidak ada kegiatan, karyawan diliburkan. Karena permintaan barang tidak ada, karyawan libur. Makanya tidak ada yang kerja,” tambah Arif

Namun disayangkan, usai melaksanakan sidak, tim tidak memberi keterangan terkait hasil inspeksi. Tim yang dipimpin Kabid Penaatan Hukum dan Pemulihan Lingkungan DLH Yedi Mulyadi langsung masuk ruangan yang dijaga ketat petugas pengamanan.

“Tim DLH tidak memperkenalkan orang lain masuk, jadi kami minta untuk tidak berada di tempat ini karena ini termasuk wilayah steril,” pinta Admin Lapangan PT BM, Adit.

Sebelumnya diberitakan, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bogor H. Achmad Fathoni, S.T menuturkan, pabrik yang telah merugikan masyarakat dan lingkungan lantaran limbahnya masuk ke lahan pertanian, tidak boleh lagi beroperasi.

Politisi PKS dari dapil II Kabupaten Bogor itu mengajak semua petani yang merasa dirugikan membuat pernyataan. Kalau perlu sertakan nominal kerugian guna menjadi bahan ke Pemkab Bogor. Dirinya meminta agar semua petani yang merasa dirugikan PT BM membuat surat pernyataan. (Soeft)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed