by

5 Khasiat Kunyit, Mulai Dari Anti Depresi Hingga Masalah Kewanitaan

Khasiat kunyit untuk wanita (Foto istimewa)

BOGORONLINE.com, Bogor – Kini obat-obatan herbal kembali tren di tengah wabah Covid-19 ini. Salah satunya yaitu kunyit. Selain bisa meningkatkan kekebalan tubuh, berikut ini ada berbagai khasiat kunyit, terutama untuk kesehatan wanita.

Nama lain dari kunyit itu sendiri yaitu Curcuma Longa. Yang membuat tubuh menjadi sehat maksimal yaitu karena adanya Curcumin di dalam kunyit. Curcumin ini merupakan kandungan senyawa aktif dalam kunyit yang berwarna kuning. Kandungan aktif curcumin dipercaya sebagai antioksidan alami.

Berikut 5 khasiat kunyit terutama untuk kesehatan wanita :

  1. Meredakan Nyeri Sendi

Wanita kerap mengalami nyeri sendi, terutama pada saat menjelang datang bulan atau PMS. Meredakan nyeri sendi dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi ramuan herbal kunyit. Terdapat kandungan antiinflamasi dalam kunyit yang efektif sebagai obat pereda nyeri.

  1. Khasiat Kunyit Mengatasi Diabetes

Wanita yang mengalami sindrom ovarium polikistik atau PCOS seperti menstruasi tidak teratur, obesitas, dan pertumbuhan rambut berlebihan berisiko mengalami diabetes. Seseorang yang memiliki faktor keturunan lebih berisiko terkena diabetes ketika anggota keluarganya menderita penyakit ini.

Untuk kamu yang mungkin termasuk berisiko mengalami diabetes, bisa mencoba mencegah atau mengatasinya dengan kunyit. Kunyit dapat menurunkan kadar glukosa bagi penderita diabetes. Dan juga curcuin yang mengandung antiinflamasi dan antioksidan dapat menekan jumlah insulin dalam tubuh dan membuat stabil gula darah serta lemak darah.

  1. Mengatasi Depresi

Dimasa pandemi ini semakin banyak orang mengalami depresi. Untuk kamu yang sedang depresi, cobalah khasiat dari kunyit ini. Karena didalam kunyit itu sendiri terdapat curcumin yang efektif sebagai obat depresi.

Dalam sebuah penelitian lab, kunyit terbukti bisa memengaruhi keseimbangan neurotransmitter di otak. Karena memiliki efek anti depresan an asiolitik, curcumin dapat memodulasi jumlah serotonon dan dopamin dalam tubuh.

  1. Kulit Sehat dengan Kunyit

Bagi kamu yang memiliki masalah kulit seperti psoriasis, jerawat, dan eksim, bisa mencoba khasiat kunyit. Journal of Medical Sciences mengungkapkan, kunyit efektif untuk mengatasi psoriasis.

Dalam sebuah riset juga diungkapkan curcumin dalam kunyit dapat mengatasi jerawat, membuat pori-pori lebih kecil, memperbanyak sintesis kolagen, dan memperbaiki jaringan kulit.

  1. Meredakan PMS dan Nyeri Haid

Dalam riset yang dilakukan Arihta BR Sembiring, Suryani dan Suswati dari Jurusan Kesehatan, Politeknik Kesehatan Medan, menjelaskan bagaimana kunyit bisa mengatasi nyeri haid. Dalam risetnya, para peneliti melibatkan mahasiswa yang sedang mengalami nyeri haid. Penelitian menunjukkan terapi kunyit asam dapat menurunkan nyeri haid. Lebih efektif lagi jika cara tersebut dikombinasikan dengan komres air hangat pada perut.

Itulah penjelasan seputar khasiat kunyit untuk kesehatan wanita. Selamat mencoba!

 

Editor : Elya Rosa Gobel

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed