Kandungan dalam alpukat yang belum banyak orang ketahui!

Alpukat adalah buah yang bermanfaat bagi kesehatan. Sebuah studi dalam Journal of Nutrition menyebutkan, makan satu alpukat setiap hari dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat pada orang dewasa yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas.  Selain itu, makan satu alpukat setiap hari akan memenuhi setengah kebutuhan serat dalam tubuh yang diperlukan untuk menangkal penyakit jantung. Mengkonsumsi alpukat juga meningkatkan lebih dari 68% kadar lutein, sejenis antioksidan yang berhubungan dengan kesehatan jantung. Peneliti Penn State menemukan, memakan satu alpukat setiap hari dapat mengurangi kadar kolesterol jahat. Dalam hal ini, kolesterol jahat mengacu pada low-density lipoprotein (LDL) yang secara signifikan dapat meningkatkan risiko aterosklerosis atau penumpukan plak di dalam pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. 

Para peneliti merekrut 45 orang dengan rentang usia 21 tahun hingga 70 tahun, yang memiliki masalah kelebihan berat badan atau obesitas. Mereka diminta untuk mengikuti diet khas Amerika selama dua minggu. Setelah itu selama 15 minggu ke depannya, para relawan dipilih secara acak untuk melakukan tiga diet berbeda yang dirancang guna menurunkan kolesterol.  Diet pertama yaitu mengonsumsi makanan rendah lemak, yang terdiri dari 24% lemak (7% lemak jenuh, 11% lemak tak jenuh tunggal, dan 6% lemak tak jenuh ganda), 59% karbohidrat, dan 16% protein. Yang kedua, dengan cara mengonsumsi diet lemak sedang yang terdiri dari 34% lemak (6% lemak jenuh, 17% lemak tak jenuh tunggal, dan 9% lemak tak jenuh ganda), 49% karbohidrat, dan 16% protein.  Terakhir, dengan diet alpukat, yakni serupa dengan diet lemak sedang, namun menjadikan alpukat segar sebagai sumber lemak utama. 

Hasilnya, diet alpukat ternyata bekerja paling baik. Setelah lima minggu rutin mengonsumsi buah alpukat yang dihaluskan, secara signifikan, kadar kolesterol LDL para relawan menjadi lebih rendah dibandingkan sebelum melakukan diet, atau setelah mencoba dua diet lainnya. 

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *