by

MONUMEN KRESEK SEBAGAI SAKSI BISU KEGANASAN PKI DI MADIUN

BOGORONLINE.com – Nama PKI sudah pasti tidak asing di telinga kita semua. PKI merupakan salah satu partai politik yang pernah ada di Indonesia dan merupakan partai yang berideologi komunis. Partai ini mendalangi gerakan pemberontakan pada 1965 yang kini dikenal dengan sebutan G30SPKI di Madiun.
Pemberontakan yang didalangi oleh PKI terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Madiun merupakan puncak aksi PKI tersebut. Pemberontakan yang terjadi pada 18 September 1948 itu bertujuan untuk meruntuhkan Republik Indonesia dan menggantinya dengan negara komunis.

Fotografer : Eri Kurnia Devi

Monumen Kresek berada di Madiun, tepatnya di Dungus ini dibangun sebagai monumen untuk mengenang sejarah yang terjadi di tempat tersebut. Ketika berkunjung kemari, pengunjung akan disuguhi dengan prasasti batu tempat nama-nama prajurit TNI yang gugur dalam pemberontakan PKI dan relief-relief yang menggambarkan keganasan PKI.
Widya, salah satu warga setempat sekaligus pemilik warung yang berlokasi di hadapan monumen, memberi informasi bahwa monumen ini buka pada 05.00 s.d. 21.00 WIB.
“Monumennya dibangun di sini karena di sini tempatnya orang-orang yang dibantai PKI dikubur. Dimasukin ke satu lubang,” ujarnya.

Fotografer: Adelia Maulitania

Selain hal-hal yang berkaitan dengan sejarah, pengunjung juga akan disuguhkan udara sejuk khas pegunungan, serta indahnya panorama pegunungan Wilis. Wilayah di sekitar monumen ini juga dapat digunakan untuk melepas penat. Pepohonan dan lingkungan hijau yang mengelilingi Monumen Kresek dapat berguna sebagai penyejuk mata.

fotografer : Adelia Maulitania

Tak kalah menarik, monumen ini juga dilengkapi dengan pendopo, taman, dan area parkir. Pendopo yang menyambut pengunjung di pintu masuk. Taman Payung yang turut menyambut pengunjung ketika mulai masuk ke area monumen. Area parkir di monumen ini juga cukup luas untuk kendaraan roda dua dan empat.

Reporter : Adelia Maulitania

Editor : Sophia Riza Desnia

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed