by

Puluhan Hewan Peliharaan Milik Warga Parungpanjang Dimangsa Ular Kobra

BOGORONLINE.com, PARUNGPANJANG – Puluhan hewan peliharaan milik warga di Perumahan Griya Parungpanjang tepatnya di Desa Kabasiran Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor diduga kerap dimangsa oleh induk ular kobra. Unit Damkar beserta warga berburu ular tersebut.

Kendati demikian, warga bersama petugas unit Damkar Kecamatan Parungpanjang dengan pelaralatan lengkap menyisir permukiman warga hingga pesawahan yang tidak jauh dari perumahan griya Parungpanjang di Desa setempat.

“Ular kobra ini sering muncul, dari anak kobra hingga yang besar dengan panjang 7-8 meter, warna hitam. Namun warga tidak ada yang berani menangkap karena takut, “ungkap Manap (30) warga Perumahan Griya Parungpanjang Selasa 20/20.

Manap mengutarakan, sejak kemunculan induk ular kobra hingga berukuran kecil, ayam pelihalaraan hingga burung juga banyak yang sudah mati akibat gigitan ular kobra.

“Sejauh ini sudah puluhan ayam dan burung juga. Anak ayam ber umur 5 sampai 6 hari sudah banyak yang mati, kita mau menangkapnya juga takut karena ular kobra memiliki bisa yang sangat berbahaya, “imbuhnya.

Menanggapi terksitu Kepala Regu 3, unit Damkar Kecamatan Parungpanjang Hudri mengatakan, pihaknya menerima laporan dari warga adanya kemunculan ular kobra yang berukuran besar ini sering memangsa hewan peliharaan milik warga.

Menurutnya, warga di perumahan Griya Parungpanjang ini resah adanya ular kobra yang memiliki bisa mematikan. Kalau yang sering memangsa hewan peliharaan seperti ayam atau burung biasanya ular sanca.

“Kita bersama anggota sudah menyisir pemukiman rumah warga hingga pesawahan serta perkebunan dan di titik munculnya ular kobra, namun kita belum dapat menangkap ular kobra itu, ” terangnya.

Hudri menambahkan, pihaknya mengimbau warga di sekitaran ini agar meningkatkan kewaspadaan karena ular kobra ini berbahaya. Ia juga meminta warga yang menemukan ular kobra segera melapor ke Petugas Damkar.

“Saya minta warga segera melapor jika melihat ular kobra yang berukuran besar itu. Nanti kami akan segara turun ke lokasi, dan kami juga sudah meninggalkan kontak person yang bisa dihubungi oleh warga, “pungkasnya. (Mul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed