by

Rambut Bercabang? Inilah Cara Mengatasinya Tanpa Harus Memotong!

BOGORONLINE.com, – ┬áRambut bercabang biasanya mudah kusut dan terlihat lebih kering. Berbagai faktor fisik dan kimiawi dapat menyebabkan kerusakan pada kulit yang dapat melindungi rambut.

Rambut bercabang biasanya terjadi di ujung, karena itu adalah area yang paling tua. Dalam kerusakan fisik dapat berasal dari menyikat atau menyisirnya, sering menggunakan alat panas dan kebiasaan mengikat rambut. Sedangkan kerusakan kimiawi berasal dari proses pewarnaan, pengeritingan dan perawatan keratin.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi rambut bercabang tanpa harus memotongnya.

1. Jangan pernah menyisir rambut yang masih basah

Rambut basah sangat rentan terhadap kerusakan. Karena air akan membuat batang rambut bengkak dan renggang.

Keringkan rambut dengan handuk terlebih dahulu, lalu aplikasikan kondisioner tanpa bilas ke seluruh bagian rambut. Gunakan dengan sisir bergigi lebar yang memang dirancang khusus untuk melindungi rambut basah.

2. Merawat helai rambut

Jangan pernah menarik helai rambut saat kamu menatanya. Mulailah dari ujung dan lanjutkan ke atas.

Jangan pernah menggunakan karet gelang atau aksesoris rambut berbahan logam yang dapat menarik dan merusak rambut. Carilah aksesoris yang terbuat dari kain, serta hindari mengepang rambut atau kuncir kuda yang terlalu kencang.

3. Menyesuaikan suhu alat penata rambut

Suhu panas dapat menyebabkan kerusakan besar pada untaian rambut. Rambut dapat benar-benar kering karena air yang terperangkap di dalam helai rambut memanas dan mengembang, menyebabkan lebih banyak kerusakan. Atur suhu alat penata rambut dengan serendah mungkin untuk mengurangi kerusakan.

4. Hindari panas matahari

Pilihlah produk perawatan rambut yang memberikan perlindungan dari sinar matahari. Selain itu, pakailah topi ketika berjalan di siang hari yang terik.

 

Reporter: Dea Rizky Ramadhan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed