Makanan Yang di Kukus atau di Rebus Lebih Menyehatkan?

BOGORONLINE.COM, – Merebus dan mengukus merupakan cara mengolah makanan yang dipercaya sangat sehat. Tapi, di antara kedua cara tersebut, manakah yang lebih sehat?

Merebus adalah cara memasak dengan memanaskan air atau kaldu hingga mendidih, kemudian memasukkan makanan ke dalam air tersebut hingga matang. Sedangkan mengukus adalah proses mematangkan makanan dengan menggunakan uap panas yang berasal dari air mendidih. Caranya adalah dengan memanaskan air di dalam panci bersekat, lalu menaruh makanan di atas sekat itu hingga matang.

Sisi positif memasak dengan merebus, yaitu membuat kalori dalam makanan menjadi lebih rendah dibandingkan dengan menggoreng. Hal itu karena merebus tidak perlu ditambah dengan minyak.

Sayangnya, studi dari British Journal of Nutrition menyebut, merebus terlalu lama dapat menghilangkan kandungan gizi dalam sayuran hingga 50 persen lebih banyak jika dibandingkan dengan mengukus. Selain itu, konsistensi makanan juga bisa berubah menjadi lebih lunak.

Berdasarkan Journal of Agricultural and Food Chemistry, merebus dan mengukus sama-sama akan meningkatkan kandungan antioksidan yang ada di dalam sayuran apabila dibandingkan dengan konsumsi mentah.

Selain itu, merebus dan mengukus juga sama-sama memberikan manfaat asalkan Anda melakukannya dengan benar.

Jadi, hal yang mesti Anda lakukan adalah dengan tidak merebus atau mengukus terlalu lama, contohnya saat mengolah sayuran. Hal itu dilakukan agar kandungan gizi di dalamnya tetap dapat dipertahankan.

Bagaimana dengan rasa makanan yang cenderung menjadi hambar saat dikukus atau rebus?

Anda tetap bisa menambahkan garam atau bumbu dapur secukupnya pada makanan yang diolah dengan cara sehat tersebut.

Apabila memang dibutuhkan penambahan minyak pada makanan yang direbus atau dikukus, Anda bisa memilih jenis minyak sehat seperti minyak zaitun, minyak kanola, atau minyak kedelai. Tujuannya agar kalori dalam makanan tetap terjaga.

Kesimpulannya, mengukus dan merebus memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun, kedua metode memasak tersebut jauh lebih sehat ketimbang menggoreng.

Jika Anda ingin merasakan manfaat optimal dari merebus dan mengukus, pastikan untuk memperhatikan kebersihan peralatan dan bahan makanan yang diolah.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan durasi saat mengukus dan merebus, serta mengimbanginya dengan gaya hidup sehat lain, seperti rutin berolahraga dan cukup istirahat.

 

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *