by

Teh Mawar di Minum ? Yuk Simak Manfaatnya

BOGORONLINE.COM, – Selama ini, mawar memang lebih banyak diketahui hanya sebagai hiasan atau pengharum saja. Karena selain warnanya yang cantik, bunga ini juga mempunyai aroma wang wangi.

Mawar juga dianggap sebagai lambang cinta. Maka Dari itu, banyak orang yang menyatakan cintanya dengan memberikan mawar, terutama mawar merah.

Namun, tahukah anda kalau selain untuk mendapatkan cinta, ternyata mawar juga bisa bermanfaat untuk kesehatan anda. Mungkin kebanyakan dari anda belum tahu kalau mawar juga bisa diolah menjadi teh dan khasiatnya juga tidak main-main.

1. Tidak mengandung kafein

Kafein yang dikandung teh memang memiliki segudang manfaat, seperti mengatasi kelelahan hingga meningkatkan energi. Namun, sebagian orang memilih untuk tidak mengonsumsi kafein karena efek sampingnya.Untungnya, teh mawar tidak mengandung kafein. Bagi Anda yang ingin mengonsumsi teh tanpa kafein, teh mawar dapat menjadi solusinya.Namun ingat, beberapa produk teh mawar yang dijual di pasaran sudah dibumbui dengan kafein. Maka dari itu, carilah teh mawar yang masih murni tanpa campuran apa pun.

2. Kaya akan antioksidan

Manfaat minum teh mawar selanjutnya datang dari senyawa antioksidan. Sumber utama antioksidan yang dikandung teh mawar adalah polifenol.Menurut berbagai studi , mengonsumsi makanan yang kaya akan polifenol dipercaya dapat mencegah kanker, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan berbagai penyakit degeneratif.Di dalam sebuah penelitian, para peneliti membuktikan bahwa polifenol yang dikandung teh mawar setara atau lebih hebat dibandingkan polifenol pada teh hijau.Meski demikian, kandungan antioksidan pada bunga mawar tidak dapat terekstrak dengan baik saat direbus dengan air hangat. Sebuah riset menyatakan, kandungan antioksidan pada ekstrak kelopak bunga mawar dianggap 30-50 persen lebih banyak dibandingkan teh mawar.

3. Mengatasi nyeri haid

Tahukah Anda kalau teh mawar dipercaya bisa mengatasi nyeri haid? Ya, di dalam dunia medis tradisional, teh mawar yang terbuat dari bunga mawar Prancis (Rosa gallica) sering dikonsumsi untuk mengatasi rasa nyeri saat haid. Sebuah studi yang diikuti oleh 130 remaja perempuan di Taiwan membuktikan, mengonsumsi 2 cangkir teh mawar setiap hari selama 12 hari terbukti ampuh dalam mengatasi nyeri haid.Sayangnya, hanya ada satu studi saja yang berhasil membuktikan manfaat minum teh mawar untuk mengatasi nyeri haid. Masih diperlukan penelitian lebih banyak untuk membuktikan keampuhannya.

4. Menyehatkan sistem pencernaan

Teh mawar dipercaya bisa membantu pertumbuhan bakteri baik di dalam sistem pencernaan. Selain itu, teh ini juga sering digunakan untuk mengatasi sembelit dan diare.Teh mawar dianggap memiliki efek laksatif yang bisa meningkatkan kandungan air pada feses sehingga sembelit dapat diatasi.

5. Memperkuat sistem imun tubuh

Karena kandungan vitamin C-nya, teh mawar dipercaya dapat memperkuat imun dalam tubuh  dan mencegah infeksi. Bahkan, teh ini juga dianggap mampu mencegah infeksi saluran kemih karena dapat mendetoksifikasi tubuh dan memiliki sifat diuretik.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed