by

Tips Merawat Tanaman Yang Baik

Bogoronline.com, – Bagi kalian yang senang berkebun, aktivitas dan cara merawat tanaman bisa menjadi hobi yang paling asyik untuk dijalani. Bayangkan, dimulai dari membeli benih, menanam, hingga merawat, pasti ada kepuasan tersendiri dari cara merawat tanaman yang efektif hingga menghasilkan kebun yang subur dan berbunga wangi. Pasti senang dong jika kamu tidak perlu repot ke pasar karena ada tanaman menghasilkan di rumah?

Namun, apa jadinya bila hobi berkebun malah membawa stres karena tanaman sering layu dan tidak berkembang dengan baik. Frustrasi, sedih dan putus asa bisa saja membuat kamu meninggalkan hobi berkebun. Bisa jadi, cara merawat tanaman kamu salah. Makanya, kamu perlu tahu cara merawat tanaman yang baik supaya hobi berkebun tetap berjalan, manfaat kesehatan dan produksi juga tetap bisa kamu nikmati.  Yuk simak cara merawat tanaman yang baik :

1. Menggunakan media yang tepat

Dikutip dari The Garden Granny, sebelum mulai memanfaatkan tanaman hias ke dalam rumah, perlu Anda ketahui jenis media apa yang cocok untuk tanaman tersebut. Anda perlu memastikan bahwa tanah di dalam pot bagus atau tidak. Anda harus memberi pupuk pada tanah. Ini akan membuat tanah bergizi sehingga kebutuhan akan tanaman tercukupi.

2. Perhatikan intensitas air

Semua tanaman secara alami membutuhkan air untuk tumbuh. Agar tanaman hias bisa tumbuh dengan baik, sirami tanaman seminggu sekali. Usahakan menyiram tanaman secara teratur.

3. Pilih tanaman yang tepat

Seperti yang anda ketahui banyak sekali tanaman hias yang bisa digunakan untuk mempercantik rumah. Namun, usahakan untuk memilih tanaman yang dapat hidup pada suhu ruangan (± 25 ° C). Cara ini akan memudahkan Anda dalam merawat tanaman hias.

4. Keluarkan tanaman secara teratur

Seperti air, sinar matahari adalah hal yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh. Oleh karena itu, Anda harus mengeluarkan tanaman dan meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari. obalah untuk mengeluarkan tanaman setidaknya sekali setiap dua minggu. Dengan demikian, kebutuhan sinar matahari akan terpenuhi.

5. Selalu bersihkan tanaman

Seperti kita ketahui, debu bisa hinggap dimana-mana, termasuk di tumbuhan. Debu yang menempel pada tanaman dapat menghambat fotosintesis tanaman dan akibatnya pertumbuhan tanaman akan terhambat. Selain itu, debu yang menempel pada tanaman akan mengurangi keindahan tanaman itu sendiri.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed