by

Catat! Inilah Kesalahan Memakai Makeup yang Bisa Menyebabkan Jerawat Muncul

(Sumber: pinterest.com)

BOGORONLINE.com, – Muncul jerawat memang selalu menjadi masalah bagi banyak orang, terutama perempuan. Penyebabnya pun beragam lho. Mulai dari gaya hidup yang kurang sehat, hormon di dalam tubuh yang kurang seimbang, hingga makeup pun bisa jadi penyebab jerawat muncul lho.

Nah, agar jerawat tidak muncul walaupun kamu menggunakan makeup, jadi hindari kesalahan di bawah ini, ya!

1. Tidak menggunakan pelembap

Tidak hanya bisa membuat kulit wajah jadi lebih halus dan terhindar dari kekeringan, menggunakan pelembap sebelum mengaplikasikan makeup dapat membuatnya lebih menempel, karena keadaan kulit yang lembap. Selain itu, kulit wajah juga terlindungi karena produk makeup langsung mengenai wajah.

2. Menggunakan terlalu banyak foundation

Jika kamu pikir mengaplikasikan foundation dengan tebal akan memberikan kamu tampilan yang flawless, maka kamu salah. Karena, memakai produk kosmetik terlalu banyak terutama foundation, hanya akan menyumbat pori-pori di wajahmu. Hal inilah yang menyebabkan jerawat dapat muncul.

3. Menutupi jerawat dengan banyak foundation

Menurut profesor Dermatologi Craig Austin, kebiasaan buruk ini justru bisa menyebabkan jerawat makin meradang, tidak kunjung sembuh dan bahkan bisa memperparah iritasi. Ketika udara tidak bisa bersentuhan dengan kulit, jerawat justru tidak cepat sembuh. Kamu malah menghambat kulit untuk bernapas.

Jadi, cara terbaik adalah menghindari pemakaian foundation terlalu tebal pada jerawat, ya.

4Mengaplikasikan makeup dengan jari-jari

Aplikasikan makeup dengan kuas atau beauty sponge. Hindari menggunakan jari, karena jari menjadi tempat bersarangnya banyak bakteri yang tidak kamu ketahui.

Sebelumnya, biasakan mencuci tangan setiap kali mengaplikasikan makeup, serta rutin mencuci kuas dan sponge makeup yang kamu pakai.

5. Menggunakan kuas makeup yang kotor

Menggunakan peralatan makeup seperti kuas, sponge dan peralatan makeup kotor lainnya, apalagi sudah digunakan oleh banyak orang, karena akan memperparah risiko wajah berjerawat.

 

(Dea Rizky Ramadhan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *