by

Jenis – Jenis Masker Wajah Serta Manfaatnya, Kenali Dulu Yuk Sebelum Membelinya

Sumber : alodokter

BOGORONLINE.com, Bogor – Memiliki kulit wajah yang glowing serta terbebas dari jerawat tentunya menjadi impian setiap wanita dan laki-laki. Maka dari itu banyak wanita yang menggunakan masker dengan mengharapkan agar wajah mereka tampak sesuai yang di inginkan. Masker adalah salah satu produk skincare yang wajib digunakan setidaknya seminggu sekali dengan banyak fungsi. Mulai dari menutrisi, membersihkan, melembabkan, mengencangkan, mencerahkan hingga menenangkan kulit yang bermasalah.

Sekarang ini, banyak sekali jenis masker yang beredar di pasaran. Salah satu yang di favoritkan adalah sheet mask, masker berbahan kertas atau tisu yang praktis di pakai dan memberi hasil yang instan. Pemilihan jenis masker wajah sebaiknya di sesuaikan dengan jenis kulit dan tujuan penggunaan. Hal ini di karenakan setiap jenis masker wajah memiliki manfaat yang berbeda tergantung bahan yang digunakan. Agar kamu tidak salah pilih jenis masker apa yang di butuhkan untuk jenis kulit wajahmu, simak ulasan berikut ini ya.

1. Sheet mask

Sheet mask berbentuk lembaran tisu atau kapas dengan lubang di bagian mata, hidung, dan bibir. Sheet mask sangat baik bagi anda yang memiliki kulit kering, walau semua jenis kulit juga bisa mendapatkan manfaat dengan memakainya. Cara penggunaannya juga mudah. Anda cukup menempelkan masker wajah ini di kulit setelah mencuci muka, lalu diamkan selama 15–20 menit agar kandungannya dapat meresap ke dalam kulit. Setelah sheet mask di lepas, oleskan sisa cairan yang tertinggal di kulit ke seluruh permukaan wajah sambil di pijat lembut. Anda bahkan bisa mengoleskannya ke leher atau bagian tubuh lain, karena cairan tersebut mengandung serum yang dapat melembapkan kulit. Setelah memakai sheet mask, kulit akan terasa lebih sejuk dan lembap. Anda tidak perlu membilas wajah setelah menggunakan sheet mask.

2. Clay mask

Clay mask adalah jenis masker yang terbuat dari lumpur asli sehingga di yakini mampu membersihkan wajah dari kotoran bahkan hingga ke bagian pori-pori terdalam. Dalam clay mask, kandungan charcoal atau ekstrak arang adalah bahan paling efektif dan paling banyak ditemukan. Alasannya, karena clay mask ini berfungsi seperti magnet untuk membantu menarik kotoran di wajah. Cara pengaplikasiannya juga sangat mudah. Oleskan clay mask pada wajah, lalu diamkan sekitar 15 menit dan setelah kering bilas dengan air hangat. Dan buat kamu si pemilik wajah berminyak dan berjerawat, clay mask adalah pilihan yang tepat untukmu.

3. Peel off mask

Jenis masker wajah yang satu ini paling sesuai untuk orang-orang berkulit kering atau kulit yang sudah mulai menua. Peel-off mask biasanya berbentuk gel yang bisa berubah menjadi lapisan mirip dengan karet tipis setelah dioleskan ke wajah. Peel-off mask bersifat mendinginkan dan mampu untuk melancarkan peredaran darah.

4. Sleeping mask

Sama halnya dengan sheet mask, sleeping mask juga lebih dahulu populer di negara Korea Selatan. Sesuai namanya, masker ini digunakan sebelum tidur. Teksturnya berbentuk krim atau gel yang digunakan dengan cara dioleskan ke seluruh kulit wajah. Tunggu sampai masker diserap kulit dan mengering dengan sendirinya. Masker biasanya baru dibersihkan keesokan paginya. Sleeping mask mampu melembapkan kulit lebih baik dibandingkan dengan krim malam yang lebih mudah menguap. Selain itu, sleeping mask juga di nilai lebih mampu meresap ke dalam kulit.

5. Cream mask

Meskipun produk dan penggunanya tidak terlalu banyak, cream mask adalah jenis masker dengan tekstur krim yang lembut dengan sifat yang dapat mengering ataupun tidak. Cream mask ini biasanya memiliki manfaat untuk mencerahkan, melembabkan, mengurangi tampilan keriput atau membantu mengatasi menghilangkan noda. Cara menggunakannya kurang lebih sama dengan clay mask, yaitu kamu cukup mengaplikasikan cream mask ke wajah, kecuali area mata dan bibir. Lalu diamkan hingga 10-15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Oh ya, masker ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki tipe kulit wajah kombinasi.

6. Scrub Mask

Untuk dapat mengangkat kulit mati secara sempura, kalian bisa menggunakan scrub mask. Butiran halus ataupun kasar yang terdapat dalam scrub mask, berfungsi untuk mempercepat pengelupasan sel kulit mati. Scrub mask tidak disarankan digunakan untuk kulit yang sangat sensitif.

7. Masker bubuk

Masker bubuk terbuat dari bahan-bahan alami seperti dari sayur, buah-buahan, daun dan bunga yang telah di haluskan. Untuk penggunaannya, masker bubuk ini, kamu harus mencairkannya terlebih dahulu menggunakan air biasa atau air mawar, kemudian diaduk hingga merata. Kelebihan dari masker ini adalah mampu membuat kulit menjadi lebih kencang, menghilangkan jerawat, mengecilkan pori-pori serta lebih aman dari bakteri dan jamur karena teksturnya yang masih kering atau bubuk. Masker bubuk ini juga menjadi favorit para wanita karena dapat dengan mudah dikombinasikan dengan bahan natural lainnya seperti aloe vera, telur, madu dan lain sebagainya. Ditambah lagi, masker ini punya harga yang terjangkau.

Reporter : Sausan de Ananda

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *