by

Polisi Ringkus Pelaku Pencurian Toko dan Penadah, 2 Orang DPO

BOGORONLINE.com, Kota Bogor – Pelaku pencurian spesialis toko beserta penandah diringkus Tim Kujang Satreskrim Polresta Bogor Kota di sejumlah lokasi berbeda.

Pelaku ditangkap usai diketahui membobol toko Aneka Makmur Teknik di Kelurahan Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, pada Mei 2021 lalu.

Pelaku yang ditangkap berinisial W alias Bolang dan FS yang merupakan istri W. Kemudian tiga orang penadah, antara lain berinisial ES, EW dan HJ.

“Terkait pencurian dengan pemberatan yang terjadi di toko Aneka dengan tersangka lima orang berikut barang bukti alat untuk mencongkel, menggergaji, dan barang bukti hasil pencurian yang kami sita,” kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol. Susatyo Purnomo Condro kepada sejumlah awak media, Senin (14/6/2021).

Susatyo mengatakan, adanya aksi pencurian di toko diketahui pemilik yang saat itu akan mengecek keadaan langsung toko. Sebab, pemilik toko sehari sebelumnya melihat dari CCTV online melalui telpon genggamnya eror.

“Hari Jumat sekira pukul 15.00 WIB, pemilik toko, kepala toko dan karyawan toko datang untuk mengecek keadaan toko. Awalnya korban tidak curiga karena toko masih dalam keadaan tertutup dan pintunya masih digembok,” terangnya.

Namun korban dikejutkan setelah masuk ke dalam toko yang dalam berantakan dan beberapa barang elektronik didapati raib. Selain itu, dua berangkas sudah dalam kondisi rusak.

Atas kejadian itu, korban mengalami kerugian Rp50 juta lebih. Susatyo berharap dengan adanya pengungkapan kasus pencurian ini bisa menekan aksi pencurian di toko dan juga rumah di wilayah hukum Kota Bogor.

“Kami juga mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dalam menjaga toko atau gedung agar dapat menempatkan penjaga agar dapat terhindar dari aksi kejahatan,” kata Susatyo.

Pelaku melancarkan aksinya dengan cara memanjat tembok yang ada di samping toko. Pelaku juga membongkar atap dan masuk melalui gudang lantai dua
menuju ruangan kantor yang ada berangkasnya.

“Motif pelaku sendiri hanya ingin mendapatkan uang dan barang-barang yang mudah dijual sehingga mendapatkan uang,” tukasnya.

Atas perbuatannya, W akan dijerat dengan Pasal 363 ayat 3, 4, dan 5 KUHP. Sedangkan FS, ES, EW dan HJ disangkakan melanggar Pasal 480 KUHP. Sementara pelaku pencurian lain berinisial AA alias Boeng dan O masih diburu pihak berwajib. Keduanya ditetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO). (Hrs)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *