Sekda Pinta Kecamatan Lakukan Vaksinasi Seminggu Dua kali

Cibinong Raya470 views

 

Bogoronline.com -Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin meminta para camat dan satgas Covid-19 di tingkat Kecamatan untuk melakukan vaksinasi massal di tiap kecamatan seminggu dua kali pada Senin dan Rabu dimulai pekan depan. Hal Itu dilakukan untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor.

Dalam pelaksanaan percepatan vaksinasi ini, dia juga meminta, kepada kecamatan dan desa yang di wilayahnya memiliki warga yang berlatar belakang pendidikan kesehatan untuk segera merekrut menjadi tenaga vaksinator.

“Karena kita akan laksanakan serempak tiap Minggu pada Senin dan Rabu. Untuk vaksinasi massal di tiap Puskesmas tiap Selasa dan Kamis tetap jalan, jadi kita ada empat kali jadwal vaksinasi massal tiap minggunya yang terbagi dua di Puskesmas dan Kecamatan. Kita akan mulai Insyaallah minggu depan,” terangnya.

Selain itu, dia meminta para camat untuk segera melakukan pengaturan lokasi vaksinasi yang aman dari kerumunan saat dilaksanakan vaksinasi massal tersebut.

” Khusus Kecamatan yang memiliki jumlah penduduk padat sebaiknya pelaksanaan vaksinasi dilakukan di 2-3 titik lokasi dengan menyesuaikan kondisi wilayahnya masing-masing, termasuk jalur khusus perempuan, masyarakat lanjut usia, dan penyandang disabilitas,” pinta dia.

Sarana dan prasarana, lanjut Burhan, seperti Komputer, laptop, listrik, jaringan internet yang stabil dan cepat juga diperlukan. “Selain itu meja, kursi, dan tenda untuk antisipasi hujan dan panas, kemudian ICU dan ambulance yang harus segera dikoordinasikan dengan Puskesmas setempat,” jelasnya.

“Segera tindak lanjuti oleh seluruh Satgas Kecamatan dan Desa agar pelaksanaan vaksinasi massal di tingkat kecamatan mudah-mudahan pekan depan bisa segera dilaksanakan,” lanjut Burhan.

Sekda juga menyampaikan, dirinya akan segera siapkan gudang oksigen yang akan dipusatkan di Kantor BPBD Kabupaten Bogor, sebagai tindak lanjut arahan Gubernur Jabar saat Rakor secara virtual terkait pelaksanaan PPKM di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Termasuk lakukan juga pengawasan ke seluruh toko obat untuk antisipasi apabila yang melanggar dengan menaikan harga tidak sesuai aturan.

“Saya juga minta para Camat untuk koordinasi dengan Kepala Desa dan pelaku UMKM. Apabila ada UMKM di desa yg bisa membuat peti jenazah silahkan koordinasi dengan DKPP, kita akan dorong bagi UMKM yang memenuhi standar,” tuturnya.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *