Peringati Hari Sumpah Pemuda, Karang Taruna Pitaloka Cipaku Gelar Santunan Anak Yatim

BOGORONLINE.com, Bogor Selatan – Karang Taruna Pitaloka Cipaku menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda sekaligus bakti sosial dengan memberikan santunan anak yatim, pada Minggu (31/10/2021). Kegiatan ini berlangsung di halaman kantor Kelurahan Cipaku, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Santunan secara simbolis diserahkan Lurah Cipaku Cucu Hanafi didampingi Ketua Karang Taruna Pitaloka Cipaku, Eri Dentira kepada empat anak yatim. Prosesi penyerahan dihadiri Ketua Karang Taruna Kecamatan Bogor Selatan Amirudin Ningrat Rahayu, TP PKK Kelurahan Cipaku, Bhabinkamtibmas dan Babinsa, pengurus LPM, DKM serta sejumlah ketua RW.

Dalam sambutannya, Lurah Cipaku Cucu Hanafi menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan kepengurusan Karang Taruna Pitaloka Cipaku yang baru ini. “Alhamdulillah dengan support semua pihak, pemuda-pemudi, tokoh masyarakat termasuk donatur, pada kesempatan hari ini bisa melaksanakan kegiatan yang sangat luar biasa ini,” kata Cucu.

Dirinya mengharapkan kegiatan itu menjadi langkah awal atau batu loncatan Karang Taruna Pitaloka Cipaku untuk melesat maju kedepan. Sehingga tak hanya eksis tingkat kelurahan saja, tapi juga kecamatan hingga kota.

Cucu juga mengungkapkan, ada lima hal yang dipetik olehnya dalam kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda dan santunan anak yatim tersebut. Pertama, pemuda-pemudi khusus di wilayahnya mau bangkit untuk peduli kepada sesama terutama anak yatim.

Kedua, lanjut Cucu, tokoh-tokoh masyarakat juga mendukung terhadap kegiatan para pemuda. Ketiga, kedermawanan donatur yang menafkahkan sebagian hartanya untuk anak yatim yang dititipkan kepada Karang Taruna Pitaloka Cipaku.

“Yang keempat adalah keguyuban. Tanpa keguyuban, kayaknya ini tidak akan terlaksana. Dan yang kelima adalah kepedulian kepada sesama. Salahsatunya kegiatan hari ini peduli kepada anak yatim,” paparnya.

Sementara Ketua Karang Taruna Pitaloka Cipaku, Eri Dentira menyampaikan bakti sosial ini merupakan kegiatan perdana di awal kepengurusan periode 2021-2026 yang digelar pada momentum memperingati Hari Sumpah Pemuda.

“Kegiatan ini inti utamanya kita sebagai karang taruna yang ada di Cipaku ingin memiliki peran yang penting di masyarakat. Kita ingin berbuat untuk kesejahteraan masyarakat. Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ini akhirnya kita membuat kegiatan santunan anak yatim,” kata Eri.

Dalam bakti sosial ini, pihaknya menyalurkan santunan kepada anak yatim yang tidak mampu. Tercatat ada 75 anak yatim dari 18 RW yang menerima santunan berupa uang tunai, alat tulis dan bingkisan makanan.

Pada momentum ini, Eri juga mengajak para pemuda sebagai generasi penerus bangsa yang akan datang perlu aktif dalam organisasi sosial untuk membantu orang lain. Setelah ini, ia juga akan melakukan silaturahmi kepada para pemuda di setiap RW yang ada di Kelurahan Cipaku.

“Untuk kegiatan selanjutnya, kita ingin silaturahim dulu kepada pemuda-pemuda, karena Karang Taruna Pitaloka ini baru dan belum merata di semua RW. Jadi kita ingin pemudanya aktif dan bisa sama-sama membangun Cipaku lebih baik lagi,” harap Eri.

Kegiatan ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan ini juga diisi dengan lomba yang diikuti anak-anak yatim yang hadir. (Hrs)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *