Pemkab Bogor Pastikan Samisade Berlanjut dengan Pembaharuan Perbup

 

Cibinong- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memastikan program Satu Miliar Satu Desa (SAMISADE) akan berlanjut di 2022. Hal tersebut lantaran laporan pertanggungjawaban dari Desa sudah mencapai angka 80 persen.

“Laporan samisade untuk 2021 Inspektorat sedang di lapangan. Kalau laporan Pertanggungjawaban desa udah lebih 70 sampai 80 persen, sebagiannya lagi sedang dilakukan pengecekan oleh Inspektorat,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor, Teuku Mulya, Jumat (17/6).

Kendati demikian, dilanjutkannya program Samisade itu akan dilakukan dengan beberapa catatan pada rencana perubahan Peraturan Bupati (Perbup) tentang bantuan keuangan Samisade itu.

“Ada catatan-catatan sedikit , seperti penyesuaian perbub, terus desa-desa itu harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu mana desa yang memang layak dan tidak,” katanya.

Menurutnya, Pemkab Bogor akan lebih tegas terhadap desa-desa yang belum juga melaporkan laporan pertanggungjawaban. “Yang layak itu yang sudah melaporkan pertanggungjawaban. Engga semua desa, nanti kita lihat (yang melaporkan pertanggungjawaban),” katanya.

“kalau sepanjang dia (desa) tidak memberikan laporan Pertanggungjawaban, kita ga mencairkan dulu untuk tahun sekarang,” lanjut Teuku.

Rencana revisi perbup itu, kata Teuku, berkaitan dengan masalah teknis, seperti aturan ketebalan volume atau spek pada proyek Samisade yang akan dilaksanakan.

“Jadi kalau jalan desa itu standar ketebalannya berapa, jadi jangan sampai desa ini 17cm (ketebalannya) sementara desa lain 20cm padahal uangnya sama. Nanti ada standarnya secara teknis,” katanya.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *