Revisi Perpub hampir Final, Desa Siap-siap Terima SAMISADE Tahun Ini

Cibinong- Revisi Peraturan Bupati (Perbup) tentang program Satu Miliar Satu Desa (SAMISADE) sudah memasuki tahap akhir. Program bantuan keuangan infrastruktur untuk desa ini dipastikan cair di APBD 2022.

“Revisi Perpub tinggal kita finalisasi dengan tim pengendali bantuan keuangan infrastruktur, materi-materi, poin yang menjadi solusi baru untuk pelaksanaan bantuan keuangan infratruktur ini akan bisa lebih teratur lagi di tahun kedua ini,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Renaldi Yushab Fiansyah, Selasa (28/6).

Menurutnya,  finalisasi Perbup tersebut tinggal tahapan laporan ke Direktorat jenderal Otonomi Daerah Kementerian dalam negeri.

“Tadinya finalisasi minggu ini, namun kita juga perlu advice teknis dari kementerian dalam negeri, diperlukan dalam rangka pengelolaan aset desa, kemudian juga saran beberapa tim perumus, minggu ini coba kita komunikasikan dengan Kemendagri berkenaan dengan penggunaan aset desa,” katanya.

Renaldi mengaku, poin revisi Perbup Samisade itu berkaitan dengan pelaporan pembangunan infrastruktur di desa, kepemilikan lahan pada infrastruktur desa dan waktu pengerjaan proyek infrastruktur tersebut.

“Poinnya diantaranya tentang laporan, penggunaan/kepemilikan lahan, kemudian waktu. Saat ini saja, laporan kita masih di bawah 50 (persen), karena memang da hal yang harus kita selesaikan di lapangan, teman-teman camat belum mau memberikan verifikasi,”katanya.

Menurutnya, Desa yang belum menyampaikan laporan SAMISADE Tahun Anggaran 2021, tidak akan mendapatkan jatah bantuan infrastruktur SAMISADE di APBD 2022.

“Yang belum laporan, arahannya seperti itu(tidak dicairkan),” pungkasnya.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *