Percepatan Penanganan Stunting Kota Bogor Libatkan Dunia Usaha

BOGORONLINE.com – Sebanyak 12 anak di Kelurahan Tajur, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, mendapatkan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dari Boxies 123 Mal. Hal itu sebagai dukungan pihak mal dalam percepatan penanganan stunting di Kota Bogor.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menyaksikan langsung pemberian bantuan PMT tersebut. Bantuan akan diberikan setiap pekan selama lima bulan ke depan kepada 12 anak yang masuk kategori stunting di Kelurahan Tajur.

“Pengentasan stunting ini perlu inovasi. Nah, inovasi-inovasi penanganan stunting yang dilakukan Kota Bogor yang pertama, kita membentuk semacam manajemen baru penanganan stunting. Para pimpinan OPD diangkat menjadi direktur penanganan stunting di wilayah. Kedua, harus melibatkan juga dunia usaha,” ujar Dedie yang juga didampingi Camat Bogor Timur dan Lurah Tajur, Rabu (8/3/2023).

Untuk itu, Dedie menyambut baik kontribusi Boxies 123 Mal dalam upaya penanganan stunting. Dengan bantuan PMT itu, diharapkan adanya perbaikan pola makan sehari – hari pada anak, termasuk juga pemberian vitamin.

Upaya inovasi selanjutnya, yakni pemetaan yang masif. Dari keseluruhan total kasus stunting di Kota Bogor yang mencapai 2.500 kasus, harus tepat by name by address. Agar setiap bantuan yang ada, ataupun langkah yang diambil bisa sesuai sasaran.

“Setelah Boxies, nanti dikombinasikan dengan Rantang Cinta yang melibatkan langsung pelaku bisnis kuliner. Kan mereka banyak, misalnya di Kelurahan Tajur ada banyak restoran padang. Satu hari satu rantang aja, atau satu hari tiga rantang, besoknya ganti restoran lagi, itu kan lumayan membantu,” kata Dedie yang juga Ketua Tim Percepatan Penanganan Stunting (TPPS) Kota Bogor.

Di tempat yang sama, Bunda Peduli Stunting Kota Bogor, Yantie Rachim memberikan apresiasi serupa kepada Boxies 123 Mal atas kepedulian dan perhatian yang sangat tinggi untuk turut serta dalam program pencegahan stunting di Kota Bogor.

Menurut Yantie, masalah pencegahan anak stunting di Kota Bogor harus ditangani dengan serius. Salah satu caranya yaitu dengan mengedukasi orang tua dan calon orang tua mengenai pentingnya makanan bergizi untuk anak-anak mereka. Sehingga nantinya perlu dilakukan rembuk stunting.

“Apa itu rembuk stunting? Rembuk stunting merupakan kerja sama pemkot bersama dengan pihak ketiga, dilakukan secara guyub demi pencegahan masalah stunting di Kota Bogor,” tegasnya.

General Manager Boxies 123 Mall, Hadi Wijaya mengatakan, paket PMT ini berisi makanan 4 sehat 5 sempurna. Seperti ikan, telur, susu, dan sayur – sayuran. Pemberian bantuan ini ditarget hingga tercukupi gizinya.

“Teknisnya nanti kami ke kelurahan, posnya di kelurahan. Nanti setiap Jumat para orangtua yang memiliki anak stunting akan datang. Nanti kami berikan langsung di situ,” katanya. (Hrs)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *