591 Personel Polisi RW Disebar ke 799 Wilayah Kota Bogor

BOGORONLINE.com – Sebagai salah satu radar informasi gangguan Kamtibmas, Polresta Bogor Kota Polda Jabar menggagas terbentuknya Polisi RW.

Ada sebanyak 591 personel Polresta Bogor Kota yang ditugaskan ke 799 wilayah RW se-Kota Bogor.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Bismo Teguh Prakoso mengatakan, program Polisi RW dibentuk atas masukan masyarakat saat melaksanakan giat Jumat Curhat.

“Ini sebagai bentuk respon cepat kepolisian terhadap keingingan masyarakat,” ucap Kombes Bismo usai apel pengukuhan Polisi RW di Stadion Pajajaran, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Sabtu (8/4/2023).

Menurutnya, Polisi RW dibentuk untuk mendengar, mencatat, dan memberi solusi masyarakat terkait upaya Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas).

“Bahwa negara hadir di tengah masyarakat, Polisi RW ada sebagai simbol nyata pelayanan kepolisian kepada masyarakat sekaligus sebagai radar informasi gangguan Kamtibmas di wilayah setingkat RW,” terangnya.

“Melalui Polisi RW masyarakat bisa menginformasikan situasi darurat atau ketika membutuhkan pertolongan dari Polresta Bogor Kota,” imbuh Kombes Bismo.

Ditambahkan, Polisi RW ini akan menjalin komunikasi efektif dengan para pengurus RW, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Lurah, Camat, Bhabinkamtibmas, Babinsa hingga Tokoh Masyarakat dalam rangka menciptakan situasi Kota Bogor menjadi lebih kondusif lagi.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto yang hadir dalam apel Polisi RW menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas langkah Polresta Bogor Kota membentuk Polisi RW di Kota Bogor.

“Ini wujud sinergitas tiga pilar Kota Bogor yang solid. Kami yakin masyarakat membutuhkan Polisi RW karena sangat mendambakan perasaan aman,” jelas Bima Arya.

Selanjutnya, wali kota menginstruksikan kepada camat dan lurah untuk mengingatkan pengurus RW agar aktif dan ikut berperan dalam mewujudkan Kamtibmas di wilayahnya masing-masing. (Hrs)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *